Orasi Ilmiah di Unpad

Peraih Nobel Kimia 2003 Dorong Dosen dan Mahasiswa Abdikan Ilmu untuk Masyarakat

kehadiran Prof Peter Ager juga membuka jaringan komunikasi antara Unpad dengan Prof Peter Ager ini.

Peraih Nobel Kimia 2003 Dorong Dosen dan Mahasiswa Abdikan Ilmu untuk Masyarakat
TRIBUN JABAR
Peraih penghargaan Nobel Kimia Tahun 2003, Prof Dr Peter Agre melalui hasil penemuannya terkait Aquaporin melayani pertanyaan para wartawan dan peneliti usai berkegiatan kuliah umum dan diskusi publik bertajuk "Opening Doors Worldwide Through Medical Science" di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35, Bandung, Rabu (22/3). 

BANDUNG,TRIBUNJABAR.CO.ID - Peraih penghargaan Nobel Kimia Tahun 2003, Prof Dr Peter Agre, memberikan kuliah umum dan dialog publik kepada segenap civitas akademika Unpad khususnya para mahasiswa dan dosen Fakultas Kedokteran. Dalam kegiatan tersebut Ia mengangkat tajuk "Opening Doors Worldwide Through Medical Science" di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35, Bandung, Rabu (22/3).

Keberhasilan Prof Dr Peter Agre meraih penghargaan nobel di tahun 2003, tidak lepas dari hasil penemuannya bersama sahabatnya Roderick MacKinnon terkait channel air pada membran sel yang terkenal dengan nama "Aquaporin" atau disebut sebagai sistem pipa pada saluran dari sel. Aquaporin merupakan protein channel air yang memindahkan molekul air melalui membran sel.

Dalam orasinya Prof Peter Ager menjelaskan bagaimana mendefinisikan fungsi dari protein tersebut dan menemukan berbagai homolog pada level dasar maupun klinis. Aquaporin juga memfasilitasi pergerakan air melalui rapid osmosis yang berperan dalam pembentukan cairan biologis, termasuk cairan serebro-spinal, aqueos humor, air mata, keringat, air liur dan pemekakan urin. Aquaporin juga disebutkan berperan dalam biologi tumbuhan dan penyakit infeksius.

Namun selain dari sisi teknis penemuanya, Prof Peter Ager juga mengisahkan perjalanan usahanya mengawasi pelatihan dan riset pada 20 laboratorium dan penelitian lapangan di Zambia dan Zimbabwe. Serta mengingatkan bahwa perihal raihan Nobel, bukan dilihat dari sisi berapa jumlah hadiah yang didapatkan, akan tetapi dari proses menuju pencapaian meraih hadiah tersebut.

Atas jasanya sebagai ilmuwan, khususnya dalam dunia kesehatan, Prof Agre terpilih menjadi presiden dari American Association for the Advancement of Science (AAAS) tahun 2009, dan kini aktif dalam berbagai diplomasi ilmu pengetahuan.

Rektor Unpad, Prof Dr Med Tri Hanggono Achmad, dr menyebutkan kehadiran Prof Peter Ager ke berbagai perguruan tinggi di tanah air, tidak lepas dari keterlibatan program yang dirancang oleh International Peace Foundation, melalui program Bridge. Melalui program ini dapat membangun sikap-sikap perdamaian dunia melalui ilmu pengetahuan.

Terlebih, lanjut Tri melihat kepakarannya di bidang kedokteran, khususnya masalah malaria, merupakan suatu kesempatan bagi para peneliti di Unpad yang memiliki concern (perhatian) yang sama terhadap penyakit malaria. Sehingga dapat dapat menjadi referensi

"Kehadiran Prof Peter Ager ini bertujuan dapat memberikan inspirasi dan motivasi, bagaimana para ilmuwan, peneliti, dan mahasiswa dapat terdorong untuk mengabdikan ilmunya secara bersungguh-sungguh bagi kesejahteraan umat manusia, serta mendorong adanya asas keterbukaan bagi kesejahteraan masyarakat," ujarnya saat ditemui wartawan usai kegiatan.

Tri menambahkan, kehadiran Prof Peter Ager juga membuka jaringan komunikasi antara Unpad dengan Prof Peter Ager ini. Terlebih di tahun ini, disampaikannya Unpad berhasil meraih sebuah Grand (penghargaan) yang sangat kompetitif dari kerjasama dengan USAID untuk bidang kesehatan, dan Prof Peter Ager mengetahui secara persis  bagaimana upaya yang dibutuhkan untuk meraih hal tersebut.

"Maka ke depannya mudah-mudahan Unpad dapat menjalin hubungan komunikasi keilmuan dan kerjasama riset yang lainnya, bahkan memberikan penguatan dukungan untuk meraih Grand lainnya," ucapnya menambahkan. (dd)

Penulis: Cipta Permana
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved