Story of Woman

Mega Mutiaraswati, Mulanya Terpaksa Lalu Jatuh Hati

Bertahun-tahun lalu, Mega mungkin tak menyangka ia bakal menjadi pesinden seperti sekarang.

Mega Mutiaraswati, Mulanya Terpaksa Lalu Jatuh Hati
TRIBUN JABAR
Mega Mutiaraswati 

MINGGU (18/12) malam di Lapangan Pusdikku, Karang Setra, Kota Bandung. Selepas Isya, terdengar suara karinding, celempung, kendang, suling, dan yang lainnya. Tak lama berselang, sayup-sayup suara sinden perempuan menyapa telinga.

Penampilan apik para musisi ini disambut baik oleh penonton yang hadir kala itu. Banyak di antaranya ikut bergoyang dan meminta tambahan lagu ketika akan turun panggung.

Mereka adalah ReKeS Bajidoran. Rekes merupakan akronim dari Rengrengan Kesenian Sukaharja yang didaulat ikut tampil di peluncuran album grup musik ska, Scimmiaska.

Mayoritas penonton yang datang saat itu adalah penyuka musik ska. Namun ketika ReKeS Bajidoran beraksi, penonton tak sungkan untuk berjoget.

"Ketika melihat penonton suka dan puas, hati saya juga merasa puas. Ada kepuasan tersendiri," kata sang sinden, Mega Mutiaraswati (22), kepada Tribun di Gang Sukaharja, RT 5/3, Kelurahan Sukapada, Kecamatan Cibeunying Kidul, Jumat (6/1) malam.

Bertahun-tahun lalu, Mega mungkin tak menyangka ia bakal menjadi pesinden seperti sekarang. Ia tampil dari satu panggung ke panggung lainnya membawakan lagu-lagu Sunda.

"Awalnya saya suka musik underground. Bukan sebagai pemain, tapi penikmat," ucap Mega. Ketika itu ia masih duduk di kelas satu jurusan Analis Kimia, SMKN 13 Kota Bandung.

Banyak acara musik yang ia saksikan hingga suatu saat melihat penampilan Karinding Attack. Ia melihat anak-anak muda yang memainkan karinding.

Dari situ ketertarikan Mega akan budaya Sunda muncul. Ia belajar memainkan karinding dan membuat grup karinding bersama teman-temannya.

"Saya juga dulu enggak bisa nyanyi," kata perempuan kelahiran 1 Mei 1994 ini. Hanya saja, di grup karinding itu hampir semua anggotanya pria.

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hermawan Aksan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved