Wisata

Sudah Tak Sabar Berwisata ke Karacak Valley? Jangan Lupa Gunakan Kendaran yang Prima

Jalan menuju Karacak juga masih sempit karena berada di kawasan pegunungan.

Sudah Tak Sabar Berwisata ke Karacak Valley? Jangan Lupa Gunakan Kendaran yang Prima
TRIBUN JABAR/FIRMAN WIJAKSANA
Dua pengunjung Karacak Valley berfoto dengan latar air terjung. Lokasi berada di Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Intan sangat puas dengan pemandangannya. 

PENASARAN kan dengan keindahan Karacak Valley? Nah, untuk bisa sampai ke sana sebaiknya membawa kendaraan pribadi. Pasalnya belum ada angkutan umum menuju objek wisata tersebut. Selain itu, kendaraan yang digunakan pun harus prima. Pasalnya jalan menuju Karacak cukup menanjak.

Wisatawan yang datang dari arah Bandung bisa mengambil arah dari Jalan Cimanuk atau Jalan Pembangunan menuju Jalan Papandayan dan masuk ke Jalan Bratayudha. Sedangkan pengunjung dari arah Tasikmalaya bisa mengambil arah Jalan Bratayudha selepas melewati Jalan Cilawu. Setibanya di Jalan Bratayudha, ambil arah ke Jalan Margawati.

Dari Margawati tinggal mengikuti jalan tersebut. Memang belum banyak penunjuk arah menuju Karacak Valley. Namun saat akan sampai akan ada petunjuk menuju Karacak. Tanda akan sampai Karacak yakni melewati kebun bambu dan sudah sedikit permukiman warga.

Tinggal mengambil arah ke sebelah kiri dan nantinya akan menemukan perternakan domba milik Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat. Jangan tertipu jalan buntu setelah melihat pagar kantor perternakan. Arahkan kendaraan anda ke sebelah kiri sebelum pagar kantor peternakan.

Jika jalan tanah sudah dilewati, tandanya Karacak Valley tinggal beberapa meter lagi. Disarankan mobil jenis sedan atau yang ceper untuk tidak digunakan. Banyak jalan berlubang di sepanjang jalan menuju Karacak. 

Bagi pengguna kendaraan roda dua, khususnya yang memakai jenis matic untuk berhati-hati. Pasalnya terdapat tikungan tajam saat sebelum kantor perternakan. Jalan menuju Karacak juga masih sempit karena berada di kawasan pegunungan. Kendaraan besar seperti bus dan mobil travel juga tak disarankan karena banyak tanjakan yang cukup curam.

Jangan sungkan bertanya jika merasa ragu. Warga di sepanjang jalan menuju Karacak pasti akan memberi tahu lokasinya. Jadi siapkan bekal perjalanan dan selamat mencoba wisata baru di Kabupaten Garut. (Wij)

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved