Ilmu dan teknologi

Seru Nih! Google Maps bisa Menunjukkan Toilet Terdekat

India menjadi negara pertama yang bisa menikmati fitur tersebut sejak 15 November lalu.

thenextweb.com
Toilet. 

TRIBUNJABAR.CO.ID -- Tak hanya menunjukkan lokasi yng sulit dijangkau, ternyata Google Maps bisa menunjukkan letak toilet terdekat dan terbersih. Ini tentu saja menggembirakan bagi mereka yang sudah kebelet membuat hajat besar.

Fitur ini termasuk layanan terbaru yang dikeluarkan oleh Google.

India menjadi negara pertama yang bisa menikmati fitur tersebut sejak 15 November lalu. Uji coba India sebagai negara pilot project itu akan berlangsung hingga 30 November mendatang.

Bukan tanpa alasan India dipilih sebagai negara percontohan. Di negara ini, seperti dilansir tribun dari kompas.com, sekitar 70 persen rumah tangga di India disebut tak memiliki akses ke toilet. Hal ini secara tak langsung memicu masalah sanitasi pada toilet umum karena kapasitas tampungnya membludak.

Tool khusus pada Maps di India itu merupakan hasil kerja sama Google dengan pemerintah di sana. New Delhi menjadi kota pertama di India yang merasakannya.

Pengguna Maps di sana cukup mengetik kata kunci toilet dalam bahasa India yang disebut "swach" atau "shublabh" untuk menjangkau toilet yang paling mumpuni. Hasil pencarian itu meliputi toilet di dalam pusat perbelanjaan, restoran, dan rumah sakit. Belum jelas kapan tool toilet bersih itu dirilis untuk layanan Maps di negara lain, termasuk di Indonesia. Kita tunggu saja. (*)

Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved