Breaking News:

Kecelakaan di Tol Cipali

Sepekan Dua Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Gubernur dan Kapolda Bilang Begini

Sebelumnya 11 warga Kabupaten Brebes yang mengendarai Elf hitam tewas di km 137 pada Kamis 3 Desember 2015.

Penulis: cis
Editor: Dedy Herdiana
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
Ruas jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Subang, Jawa Barat, Kamis (18/6/2015). Tol Cipali yang merupakan ruas jalan tol terpanjang di Indonesia yakni 116,75 kilometer tersebut mulai beroperasi, diharapkan dapat mengurangi beban lalu lintas jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa hingga 60 persen. 

Laporan wartawan Tribun Jabar Teuku Muh Guci S

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Sebanyak dua peristiwa kecelakaan menonjol terjadi di ruas jalan Tol Cipali di Kabupaten Indramayu dalam waktu sepekan terakhir ini. Sebelumnya 11 warga Kabupaten Brebes yang mengendarai Elf hitam tewas di km 137 pada Kamis 3 Desember 2015.

Kali ini sebanyak enam dari 11 penumpang mobil Daihatsu Luxio dengan plat nomor D 1277 ZJ tewas di ruas jalan Tol Cipali Km 128 Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, sekitar pukul 04.11 WIB.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi kekurangan dari Tol Cipali. Hal itu menyusul terjadi dua kecelakaan dengan korban jiwa yang cukup banyak terjadi dalam sepekan terakhir ini.

"Tentu jika ada hak terkait dengan jalan yang belum lengkap akan kita lengkapi. Tapi sejauh ini semunya sudah dilengkapi dan lengkap," kata pria yang akrab disapa Aher usai menghadiri peluncuran SIM online di Lapangan Tegallega, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jabar, Minggu (6/12).

Mengenai rest area, Aher mengatakan, sudah berjalan dan sudah mulai berfungsi sejak Tol Cipali beroperasi pada pertengahan Juni 2015. Tak menutup kemungkinan bertambah jika memang diperlukan. Namun hal tersebut perlu proses dan bertahap.

"Justru yang saya khawatir itu kecelakaan akibat human eror. Karena kecelakaan kemarin itu terjadi subuh. Dan tadi pagi juga. Mungkin karena mengantuk kemudian menabrak," ujar Aher.

Hal senada juga dikatakan Kapolda Jabar, Irjen Pol Moechgiyarto di Lapangan Tegallega, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jabar, Minggu (6/12). Pihaknya masih menyelidiki penyebab kecelakaan yang terjadi pada pagi hari ini. Ia menduga, penyebab kecelakaan di Tol Cipali km 128 Kabupaten Indramayu juga disebabkan human eror.

"Yang kemarin kecelakaan di Tol Cipali km 137, juga karena human eror. Sopir melaju dengan kecepatan tinggi sehingga out of control dan menabrak truk yang ada di depannya. Sopirnya sudah menjadi tersangka dan kami proses," kata Moechgiyarto singkat. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved