13 Warga Keracunan Nasi Kuning di Sindangbarang Cianjur, Polisi Bawa Sampel Makanan ke Dinkes

Sedikitnya 13 orang warga Kampung Nyalindung RT 02/02, Desa Kertasari, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur

13 Warga Keracunan Nasi Kuning di Sindangbarang Cianjur, Polisi Bawa Sampel Makanan ke Dinkes
tribunjabar/ferri amiril mukminin
13 warga keracunan di Sindangbarang Cianjur 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Sedikitnya 13 orang warga Kampung Nyalindung RT 02/02, Desa Kertasari, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, mengalami gejala keracunan diduga setelah melahap nasi kuning acara selamatan 100 hari meninggalnya seorang warga, Kamis (16/5/2019) malam.

Akibat melahap nasi kuning ini banyak warga yang mengalami gejala mual, pusing, sampai dengan muntah setelah berbuka puasa, sekitar pukul 19. 00 WIB.

Dugaan keracunan massal terjadi satu jam kemudian setelah mereka menyantap makanan tersebut. Para korban yang diduga mengalami keracunan langsung dievakuasi ke puskesmas terdekat.

Petugas medis Puskesmas Sindangbarang Dr Hendro mengatakan, gejala yang mendominasi pasien korban keracunan tersebut, lebih kepada muntah dan mencret, meski demikian tidak ada warga yang kritis dan masih dapat diobservasi di Puskesmas Sindangbarang.

"Kebanyakan anak-anak, namun dewasa dan orangtua juga ada yang mengajadi korban," katanya.

Sugeng dan Korban Diduga Punya Hubungan Cinta, Begini Kisas Rumit Asmara Pelaku Mutilasi di Malang

Kapolsek Sindangbarang AKP Nandang mengatakan, warga yang mengalami keracunan diduga akibat dari nasi kuning yang mereka santap setelah menggelar acara 100 hari meninggalnya salah satu warga Kampung Nyalindung RT 02/02, Desa Kertasari. Acara tersebut dilaksanakan sekitar pukul 17. 00 WIB dan warga menyantap nasi kuning saat buka puasa.

"Sekitar pukul 20.00 WIB ada informasi bahwa banyak warga yang merasakan mual dan muntah," katanya melalui sambungan telepon Jumat (17/5/2019).

Ia mengatakan akibat dari kejadian itu sebanyak 13 orang dibawa ke Puskesmas Sindangbarang untuk mendapat perawatan.

Sampaikan Aspirasi Soal Kecurangan Pemilu 2019, Ratusan Orang Datangi DPRD Jabar

"Kalau sekarang sudah pada pulang ke rumahnya masing-masing, namun masih ada satu orang lagi yang masih memerlukan perawatan di Puskesmas Sindangbarang," katanya.

Untuk menyelidiki dugaan keracunan makanan tersebut, pihak kepolisian telah mengamankan nasi kuning untuk dijadikan sampel dan diperiksa di laboraturium Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur.

"Ini baru dugaan keracunan dari nasi kuning untuk mendapat kepastian itu kita tetap harus menunggu hasil pemeriksaan laboratorium," katanya.

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved