Terminal Leuwipanjang & Cicaheum Sudah Siap Layani Pemudik, Tersedia 844 Bus untuk Angkut Pemudik

Terminal Leuwipanjang dan Cicaheum sudah siap layani pemudik Lebaran tahun ini. Sediakan 844 bus untuk angkut pemudik.

Terminal Leuwipanjang & Cicaheum Sudah Siap Layani Pemudik, Tersedia 844 Bus untuk Angkut Pemudik
TRIBUN JABAR / THEOFILUS RICHARD
Jumlah penumpang bus di Terminal Leuwipanjang pada musim mudik lebaran mengalami peningkatan pada H-6 Lebaran, Sabtu (9/6/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung mulai melakukan sejumlah persiapan teknis menghadapi arus mudik Lebaran 2019.

Persiapan tersebut di antaranya menyiapkan ketersediaan armada dan sejumlah petugas di dua terminal utama, yaitu Cicaheum dan Leuwipanjang.

Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Dishub Kota Bandung, Asep Kurnia, mengatakan, ketersediaan jumlah armada mudik pada tahun ini mencapai 844 unit bus, yakni 641 armada di Teminal Leuwipanjang dan 203 armada di Terminal Cicaheum.

Untuk di Terminal Leuwipanjang, kata Asep, dari total 641 armada yang tersedia tersebut, terdiri dari 417 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 224 bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Ketersediaan tempat duduk penumpang sebanyak 26.281 kursi setiap harinya.

Terminal ini akan melayani keberangkatan mudik menuju dan dari arah Barat Kota Bandung, seperti Bekasi, Cikarang, Bogor, Sukabumi, Cianjur Leuwiliang, Cileungsi, Depok, Cibinong, Pandeglang, Banten, dan semua terminal di DKI Jakarta.

Sejumlah penumpang mulai berdatangan di Terminal Cicaheum Jalan A H Nasution, Bandung, Minggu (24/6/2018), seiring dengan hampir berakhirnya masa liburan sekolah.
Sejumlah penumpang mulai berdatangan di Terminal Cicaheum Jalan A H Nasution, Bandung, Minggu (24/6/2018), seiring dengan hampir berakhirnya masa liburan sekolah. (Tribun Jabar/Cipta Permana)

Untuk Terminal Cicaheum, pihaknya telah menyiapkan armada bus sebanyak 86 unit armada AKAP, 82 unit bus AKDP, 15 bus cadangan (AKAP dan AKDP), dan 20 bus bantuan dari DAMRI.

Jumlah ketersediaan tempat duduk penumpang sebanyak 8.323 kursi setiap harinya.

Rute tujuan keberangkatan mudik ke arah timur Kota Bandung lintas jalur selatan, seperti, Cirebon, Wado, Bantarujeg, Rajagaluh, Indramayu, Kuningan, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, serta Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Armada bus bantuan dan cadangan ini, bisa saja sewaktu-waktu dioperasikan, bila memang terjadinya penumpukan pemudik di Terminal Cicaheum. Pada intinya kami sudah siap melayani para calon pemudik pada arus mudik 2019 ini," katanya.

"Pada saat H-10 sampai H+7 nanti, kami akan menggelar pengecekan laik jalan seluruh armada bus dan pemeriksaan kesehatan para pengemudi di Leuwipanjang dan Cicaheum," ujarnya saat ditemui di Kantor Dishub Kota Bandung, Jalan Pendamping SOR GBLA, Rancabolang, Bandung, Kamis (16/5/2019).

PT KAI Daop 3 Cirebon Berikan Harga Spesial Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran

Layani Pemudik, Pengelola Tol Cipali Tambah Petugas dan Beberapa Fasilitas Ini

Penulis: Cipta Permana
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved