Jalur Mudik Masih Butuh Banyak PJU, PUTR Kabupaten Bandung Janjikan H-7 Idulfitri Rampung

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bandung tengah melaksanakan kegiatan pemeliharaan

Jalur Mudik Masih Butuh Banyak PJU, PUTR Kabupaten Bandung Janjikan H-7 Idulfitri Rampung
hakim baihaqi/tribun jabar
Belasan lampu penerangan jalan umum (PJU) yang dipasang di bahu jalan ini, dalam kondisi mati, terutama di sekitar pintu perlintasan arah Perumahan Bumi Rancaekek Kencana. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bandung tengah melaksanakan kegiatan pemeliharaan dan peningkatan jalan di jalur mudik untuk persiapan mudik 2019.

"Tetapi yang permanen khususnya untuk jalan beton dihentikan dulu karena takut menjadi masalah juga pada waktu mudik," tutur Kepala Dinas PUTR Kabupaten Bandung Agus Nuria seusai rakor lintas sektoral jelang mudik lebaran 2019 di Mapolres Bandung, Soreang, Rabu (15/5/2019).

Agus Nuria mengatakan selain peningkatan jalan PUTR juga menginventarisir kondisi Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalur mudik tersebut. Inventarisir dilakukan dari mulai jalur utama mudik hingga jalur alternatif bagi pemudik.

"Mulai dari jalur Cileunyi sampai Nagreg kemudian ke arah Cijapati kemudian juga dari Majalaya ke arah Ibun-Kamojang kita sudah cek insya Allah H-7 sudah siap," katanya.

Diakui Agus, khusus PJU ini masih harus ada penambahan terutama di jalur alternatif. Namun untuk penambahan titik baru membutuhkan waktu yang cukup lama, hingga PUTP harus memanfaatkan atau memaksimalkan PJU yang ada.

PT Jasa Marga Pasang PJU di Jalur Rawan Kecelakaan Tol Palikanci Cirebon

"Kalau yang jalur Cileunyi-Nagreg itu kan jalan nasional jadi ada pengelolaannya masing-masing. Mulai jalan nasional oleh pusat, provinsi oleh provinsi dan jalan kabupaten oleh kami. Kami berkoordinasi," tuturnya.

Nantinya pada hari H mudik menjelang idulfitri PUTR juga akan menempatkan pos (laporan) di jalur mudik, terutama untuk mengantisipasi kondisi alam dan juga hujan yang terus menerus turun hingga saat ini. Jika sewaktu-waktu membutuhkan alat berat di lokasi mudik.

Agus menambahkan pihaknya selalu menerima keluhan jalan rusak di Kabupaten Bandung melalui media sosial maupun surat pembaca di media cetak, seperti Jalan Rancaekek-Majalaya dan masih banyak lagi laporan warga.

"Sudah sebetulnya sudah ada kegiatan peningkatan jalan tetapi karena betonisasi belum bisa kita laksanakan, tapi ada upaya yang sudah kami lakukan, minimal bisa dilalui," ujarnya.

Warga Berharap Jalan Rusak di Simpang Cileunyi Segera Diperbaiki Sebelum Arus Mudik Lebaran

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved