Uu Ruzhanul Ulum Sebut Pemprov Jabar akan Aktifkan Monitoring Penambangan

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan Pemprov jabar akan mengaktifkan tim monitoring proses penambangan.

Uu Ruzhanul Ulum Sebut Pemprov Jabar akan Aktifkan Monitoring Penambangan
Tribun Jabar/Isep Heri
Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum saat ditemui di Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (5/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan Pemprov jabar akan mengaktifkan tim monitoring proses penambangan.

Menurut Uu persoalan pertambangan di Jabar saat ini memang banyak dikeluhkan masyarakat.

Namun hadirnya aktivitas penambangan, kata Uu di satu sisi sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam upaya membantu pembangunan.

"Upaya kami saat ini sedang melakukan pendataan aktivitas penambangan di Kota dan Kabupaten di seluruh Jawa Barat," Kata Uu, Jumat (5/4/2019).

Uu tidak memungkiri bahwa aktivitas penambangan yang ada berdampak pada ekosistem. Terlebih aktivitas tambang saat ini menggunakan mesin berat yang prosesnya begitu cepat.

"Akan kami aktifkan tom monitoring yang nantinya terdiri dari Kejaksaan, Kepolisian, dan TNI. Hal ini agar aktivitas penambangan terkontrol dan tetap sesuai aturan yang ada," jelas wakil dari Ridwan Kamil ini.

Oded M Danial Ajak Warga Makmurkan Masjid, Masjid Nurul Amanah di Babakan Sari Dibangun

Dia juga menyoroti aktivitas tambang pasir yang ada di Tasikmalaya yang dipandangnya berdampak pada sektor lain, termasuk kerusakan jalan.

Dia berjanji, ke depan akan mencari solusi agar aktivitas penambangan tidak mengganggu sektor lainnya yang merugikan warga sekitar.

"Seperti di Kabupaten Bogor, disepakati akan ada jalan khusus untuk aktivitas penambangan. Biayanya dibantu oleh pemerintah pusat, provinsi, dan daerah," ia mencontohkan.


Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved