Pemkot Batam dan Bank BJB Kolaborasi dalam Layanan Pembayaran PBB P2 Secara Elektronik

Peluncuran Pembayaran PBB-P2 Kota Batam di Indomaret diharapkan memudahkan masyarakat dalam membayar kewajiban PBB-P2 sebelum jatuh tempo

Pemkot Batam dan Bank BJB Kolaborasi dalam Layanan Pembayaran PBB P2 Secara Elektronik
Istimewa
Pemkot Batam dan bank bjb kolaborasi dalam layanan pembayaran PBB P2 secara elektronik 

TRIBUNJABAR.ID, BATAM- Pembayaran PBB-P2 melalui Gerai Indomaret merupakan salah satu perluasan yang dilakukan oleh bank bjb untuk memudahkan Wajib Pajak (WP) di Kota Batam.

Peluncuran Pembayaran PBB-P2 Kota Batam di Indomaret diharapkan memudahkan masyarakat dalam membayar kewajiban PBB-P2 sebelum jatuh tempo pada tanggal 31 Agustus 2019.

Jika masyarakat Batam membayar kewajiban PBB-P2 sebelum jatuh tempo, target penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan P2 di Kota Batam akan tercapai.

Pembangunan di kota Batam khususnya pembangunan fisik membutuhkan dukungan pembiayaan yang sangat besar. Biaya pembangunan diperoleh dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batam.

Penyampaian SPT 1 April 2019 Dikecualikan dari Sanksi Administrasi

Cek Kesiapan Pemilu 2019, Kapolres Cirebon Kota Tinjau Gudang Logistik KPU Kota Cirebon

Satu di antara yang menjadi penyumbang terbesar PAD Kota Batam adalah sektor pajak yakni PBB-P2. Tahun ini, PBB-P2 menyumbang target senilai Rp 168 miliar untuk Kota Batam.

Maka dari itu, Pemerintah Kota Batam mengajak masyarakat sebagai wajib pajak (wp) baik perorangan, pengusaha maupun badan usaha untuk berperan aktif menunaikan kewajiban pembayaran PBB-P2 sebelum jatuh tempo pembayaran pada tanggal 31 Agustus 2019.

Wajib pajak di kota Batam saat ini dapat melakukan pembayaran pajak di Indomaret cukup menyampaikan Nomor Objek Pajak disertai tahun pajak yang akan dibayar.

Setelah itu proses pembayaran bisa dilakukan secara tunai atau menggunakan kartu debit, batasan yang digunakan untuk pembayaran PBB melalui Indomaret yaitu nominal pajak sampai dengan Rp 5 juta dan setiap transaksi akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 5.000.

Wajib pajak Kota Batam bisa melakukan pembayaran PBB di seluruh gerai Indomaret yang berjumlah 15.599 gerai di Indonesia.

Saldo Kartu Tani Bisa untuk Beli Pupuk 111 Ton Selama Satu Tahun

Atlet Peraih Medali Dapat Uang Kadeudeuh, PLT Bupati Ingin Cianjur Naik Tingkat di Porda Tahun Depan

Bagi Wajib Pajak PBB-P2 agar segera membayar pajak PBB-nya sebelum terkena denda 2% sebulan, sebelum dilakukan penempelan tanda tunggakan dan sebelum dilakukan penagihan aktif.

Bagi tunggakan PBB-P2 tiga tahun maka tidak akan diterbitkan SPPT PBB-P2, sedangkan proses penagihan tunggakan tetap dilakukan.

Sukses pembangunan Batam menjadi tugas dan kewajiban kita bersama sehingga partisipasi wajib pajak diharapkan dalam memberikan kontribusi nyata dengan membayar Pajak Daerah. Pajak yang masyarakat bayarkan dikembalikan sepenuhnya kepada masyarakat.

Ditemui secara terpisah M. As’adi Budiman selaku Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb berharap melalui layanan pembayaran PBB-P2, wajib pajak memiliki opsi dan menerima kemudahan.

Layanan ini juga sekaligus diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak daerah.

“Dengan begitu, kita dapat mendukung pencapaian target penerimaan setoran pajak daerah khususnya PBB-P2 di wilayah Kota Batam yang sejalan dengan pencapaian misi bank bjb, yaitu mendukung peningkatan pendapatan daerah bagi Pemerintah Daerah di setiap wilayah operasional bank bjb berada, khususnya dalam hal ini penerimaan pajak di Kota Batam,” ujarnya.

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved