Komunitas Fire_Land Bandung, Menantang Keganasan Api Lewat Atraksi Fire Dance

Tak hanya itu, Komunitas Fire_Land juga menjadi wadah para fire dancer di Bandung untuk lebih mengembangkan keahlian mereka.

Komunitas Fire_Land Bandung, Menantang Keganasan Api Lewat Atraksi Fire Dance
Istimewa/Flo7ect Photography
Pendiri Komunitas Fire_Land, Christover Luvy, mempertunjukan aktraksi fire dance di Amnesia Club Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Fasko Dehotman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Dibentuk sejak 2010, Komunitas Fire_Land Bandung secara khusus memiliki keahlian di bidang tarian api (fire dance).

Pendiri komunitas tersebut adalah Christover Luvy. Ia merupakan Fire Dancer asal Papua yang telah berkecimpung di dunia itu sejak 2005.

Christover menuturkan, tujuannya membentuk Komunitas Fire_Land ini karena ingin membantu tempat-tempat hiburan malam menjadi lebih hidup dengan aktraksi fire dance.

Tak hanya itu, Komunitas Fire_Land juga menjadi wadah para fire dancer di Bandung untuk lebih mengembangkan keahlian mereka.

"Terbentuknya komunitas ini berawal dari kegemaran kami yang bermain fire dance di suatu kelab malam. Karena sering atraksi dan ngumpul bersama, akhirnya kami memutuskan untuk membuat komunitas ini agar menjalin hubungan yang semakin erat," ujar Christover kepada Tribun Jabar saat dihubungi via Whatsapp, Selasa (25/3/2019).

Festival Permainan Tradisional Alimpaido di Tasikmalaya, dari Jajangkungan hingga Perepet Jengkol

Puluhan Warga Serbu Rail Clinic di Stasiun Jatibarang Indramayu [VIDEO]

Pertunjukan fire bottle oleh Komunitas Fire_Land di Second Floor, Jakarta.
Pertunjukan fire bottle oleh Komunitas Fire_Land di Second Floor, Jakarta. (Istimewa)

Kegiatan rutin yang mereka lakukan adalah latihan fire dance bersama setiap seminggu sekali di beberapa taman di Kota Bandung.

"Saat latihan, teknik yang sering kami dalami adalah fire poy, fire bottle, dan fire gerinda. Ketiga teknik itu sebenarnya sama, cuma media yang digunakan berbeda. Ketiganya juga memiliki tingkat kesulitan masing-masing," kata Christover.

Christover mengaku, salah satu teknik yang banyak dipertunjukan oleh para fire dancer adalah fire bottle.

"Teknik ini dilakukan dengan cara mengabungkan keahlian melempar botol dan semburan api melalui mulut. Tiap gerakan yang dilakukan akan menjadi aktraksi menantang api yang mengikuti alunan musik," kata Christover.

Halaman
12
Penulis: Fasko dehotman
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved