Sampah

Pejalan Kaki Keluhkan Adanya Gundukan Sampah di Trotoar Jalan Jatinangor Sumedang [VIDEO]

SEJUMLAH pejalan kaki mengeluhkan, kondisi tidak elok dipandang dan bau tidak sedap, dari tumpukan...

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Sejumlah pejalan kaki mengeluhkan, kondisi tidak elok dipandang dan bau tidak sedap, dari tumpukan sampah berada di trotoar Jalan Raya Jatinangor, Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Tumpukan sampah tersebut, terhampar sepanjang 20 meter di trotoar Jalan Raya Jatinangor, tepatnya di depan Kantor Bank Sumedang cabang Jatinangor, hingga ke dalam gang Sukamanah RW 1, Desa Hegarmanah.

Sampah yang menggunduk di trotoar jalan itu, diduga sengaja dibuang oleh warga sebagian besar pada waktu malam hari, karena tidak adanya tempat pembuangan sementara (TPS) di desa tersebut.

Dari pantauan Tribun Jabar, Kamis (27/12/2018), sampah yang dibuang ke trotoar tersebut, menggunakan karung atau plastik, bahkan sampah itu pun tercecer hingga mengotori bahu Jalan Raya Jatinangor.

Seorang pejalan kaki, Aizattih (20), mengatakan, kalau ia sangat terganggu adanya gundukan sampah setinggi satu meter di trotoar tersebut, lantaran ia harus berjalan menghindari gundukan itu.

"Terganggu, ini kan fasilitas untuk pejalan kaki, bukan untuk tempat sampah," kata Aizattih kepada Tribun Jabar di Jalan Raya Jatinangor, Kamis (27/12/2018).

Tak jarang, pejalan kaki yang tengah berjalan di sekitar tumpukan sampah itu, terlihat menutup hidup, akibat bau tidak sedap. Bahkan, lalat hijau ditumpukan pun menganggu para pejalan kaki.

Warga lainnya, Sandi Nugraha (29), mengatakan, di sekitar trotoar itu, terdapat deretan kios pedagang makanan, hal tersebut dikhawatirkan banyak pembeli enggan berdatangan.

"Baunya kecium sampai tempat makan, bagaimana kalau pembeli tidak berselera, jadi merugikan banyak orang," katanya. (*)

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved