Hari Guru Nasional

Peringati Hari Guru Nasional dan PGRI, Pemkab Purwakarta Tuntut Peran Guru Semakin Berkualitas

Pemkab Purwakarta mengharapkan momentum peringatan HGN yang jatuh pada 25 November, mampu membangkitkan kejayaan dan kemajuan pendidikan

Peringati Hari Guru Nasional dan PGRI, Pemkab Purwakarta Tuntut Peran Guru Semakin Berkualitas
ISTIMEWA
Kegiatan Gerak Jalan Santai dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI di Purwakarta, Sabtu (24/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Purwakarta mengharapkan momentum peringatan Hari Guru Nasional ( HGN) yang jatuh pada 25 November, mampu membangkitkan kejayaan dan kemajuan pendidikan, khususnya di Kabupaten Purwakarta.

Peringatan HGN yang bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI), itu dilaksanakan Pemkab Purwakarta di halaman Gedung Guru Linuhung, Disdik Purawakarta di Jalan Beringin, Nagri Kaler, Purwakarta, Sabtu (24/11/2018).

Dalam peringatan yang diwarnai dengan Gerak Jalan Santai itu hadir Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Purwanto dan Sekda Purwakarta Iyus Permana yang mewakili Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

"Mutu dan kualitas guru sangat dibutuhkan karena berpengaruh pada kualitas proses belajar mengajar dalam kelas. Untuk itu mutlak peningkatan kualitas pendidikan itu harus senantiasa meningkatkan mutu pengajar atau guru," kata Purwanto.

Untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru, dikatakan Purwanto, bisa secara formal, yakni dengan adanya program-program yang diagendakan pemerintah melalui forum-forum resmi.

Selain adanya peningkatan kualitas, juga sangat diharapkan adanya perubahan mindset guru yang bukan lagi hanya sebagai pengajar melainkan sebagai pembelajar.

"Sebab guru itu seharusnya menjadi yang senantiasa belajar, untuk meningkatkan kapasitas dirinya. Meski jadi guru, tapi harus tetap terus belajar," ucapnya.

Sampurasun, Tas Ikonik dan Kekinian, Cacandakan Asli ti Bandung yang Terinpirasi dari Ridwan Kamil

Ini Penyebab Sungai Cidurian Meluap dan Tiang Pegangan Jambatan Roboh di Empang Pojok, Menurut Oded

Hal senada juga dikatakan Sekda Purwakarta Iyus Permana bahwa peringatan HGN yang menjadi penghargaan terhadap guru ini mampu lebih meningkatkan profesionalmenya.

"Semoga di hari guru ini menumbuhkan kesadaran untuk semakin meningkatkan profesionalisme agar pendidikan di Purwakarta makin berkualitas," katanya.

Menurutnya, guru merupakan profesi yang sangat vital dan strategis dalam penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkulitas dan berintegritas.

Keberadaan dan eksistensinya harus tetap dijaga, bahkan harus lebih dikembangkan menjadi guru-guru yang lebih profesional.

Hal itu harus sesuai sebagaimana tuntutan Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Begitupun, bahwa martabat dan wibawa guru harus selalu terjaga sebagai sosok uswatun hasanah (Suritauladan) bagi anak didiknya.

"Menjaga martabat dan kewibawaan guru dalam konteks sebagai suritauladan bagi peserta didik dibangun atas kesadaran menjalani profesi yang mulia dan agung," ucap dia.

Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved