Uus Sukmana Beli Bendera yang Dibakar di Garut Itu Melalui Facebook

Bendera yang dibawa oleh terdakwa Uus Sukmana dibeli oleh Uus Sukmana seharga Rp 35 ribu. Bendera itu dibeli Uus Sukmana melalui facebook.

Uus Sukmana Beli Bendera yang Dibakar di Garut Itu Melalui Facebook
Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Majelis hakim tengah bermusyawarah dengan terdakwa Uus Sukmana, penuntut umum, dan penasihat hukum, terkait penolakan Uus didampingi oleh pengacara saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Garut, Senin (5/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Bendera yang dibawa oleh terdakwa Uus Sukmana dibeli oleh Uus Sukmana seharga Rp 35 ribu. Bendera itu dibeli Uus Sukmana melalui facebook.

Uus Sukmana menyebutkan, bendera itu dibeli melalui facebook sebulan sebelum perayaan Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2018. Awalnya bendera itu hanya akan dipajang oleh Uus Sukmana di kamarnya.

"Tadinya beli di facebook untuk dipajang di kamar saja," kata Uus Sukmana di ruang sidang Pengadilan Negeri Garut, Senin (5/11/2018).

Uus Sukmana kemudian mengetahui jika pada 22 Oktober 2018 akan ada peringatan HSN. Uus Sukmana pun berniat mengikuti acara tersebut dan membawa bendera yang dimilikinya.

"Saya lalu pergi dari Bandung ke Garut. Bawa bendera itu. Sampai di lokasi acara di Limbangan, saya cari dulu bambu. Dapat bambu di dekat lokasi acara," ujar Uus Sukmana yang berprofesi sebagai sopir toko bangunan.

Heboh Harus Ganti ATM BRI, Nih Penjelasannya dari Pejabat BRI

Uus Sukmana mengakui bendera yang dibawanya merupakan bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Tak ada niatan untuk membuat gaduh dalam acara HSN. Ia hanya ingin memeriahkan HSN dengan mengibarkan bendera miliknya.

"Tidak ada yang bawa bendera hitam. Hanya saya saja. Bawa bendera untuk meriahkan saja, tak ada maksud lain," kata Uus Sukmana.


Saat ditanya majelis hakim apakah Uus Sukmana seorang santri dan mondok di pesantren, ia pun menjawab tak pernah menjadi santri. Ia juga tak pernah mengikuti kegiatan keagamaan tertentu

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved