Pilkada Serentak

Dony-Erwan Unggul Sementara di Pilkada Sumedang, Ini Persentasenya

Keunggulan suara pasangan yang diusung PPP, Demokrat, PAN dan PKB ini rata-rata diatas 50 persen suara.

Dony-Erwan Unggul Sementara di Pilkada Sumedang, Ini Persentasenya
facebook
Dony-Erwan

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Deddi Rustandi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Calon Bupati Kabupaten Sumedang nomor urut satu, Dony Ahmad Munir-Erwan Setiawan unggul sementara di sejumlah TPS. Penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Sumedang di tingkat TPS tuntas sekitar pukul 17.00, Rabu (27/6/2018).

Penghitungan suara pemilihan bupati mulai dilakukan setelah pukul 15.00 karena penghitungan suara pertama dilakukan untuk pemilihan gubernur Jabar.

Keunggulan suara pasangan yang diusung PPP, Demokrat, PAN dan PKB ini rata-rata diatas 50 persen suara. Di Kelurahan Regolwetan yang ada di pusat kota dengan 16 TPS, Dony-Erwan unggul meraih 55 persen suara.

Baca: Pilgub Jabar, Kemenangan Rindu Sudah Diprediksi, yang Fenomenal Suara Asyik Melejit

Sedangkan pasangan nomor urut 2 Setya Widodo-Sonia Sugian meraih (5 persen), pasangan nomor 3 Zaenal Alimin-Asep Kurnia (12), nomor urut 3 irwansyah Putra-Jafar Sidik (17) dan petahana Eka Setiawan-Agung Anungrah (10 persen).

Pantauan Tribun, saat penghitungan suara di TPS, nomor urut satu paling banyak disebut kemudian disusul nomor urut empat, Irwansyah Putra-Jafar Sidik.


Dihubungi melalui sambungan telepon, Dony belum mau banyak berkomentar dan hanya menyebutkan rasa syukurnya. “Alhamdulillah, terima kasih semuanya,” kata Dony, Rabu (27/6/2018).

Ucapan selamat juga mengalir di akun media sosial politisi muda yang juga Wakil Sekjen DPP PPP ini. Pemungutan suara di Sumedang berjalan lancar. Di beberapa TPS ditemukan ada yang menyoblos lima calon sekaligus. Ada juga yang menyoblos di kolom kosong sehingga suaranya dinyatakan tidak sah.

Ditemukan juga coblosan ke surat suara tidak menggunakan paku tapi dengan menyobek dan membuat lubang di salah satu wajah calon bupati. Sehingga suara tidak sah karena bukan dicoblos memakai paku.

Pemilih yang sakit dan sudah jompo tapi tetap ingin menggunakan hak pilih terpaksa digendong oleh anggota polisi yang menjadi Pam TPS di Desa Cibeureum, Cimalaka.


Di beberapa TPS masih banyak pemilih yang tak memiliki surat undangan C6 tapi memiliki KTP elektronik tak bisa menyalurkan hak pilih karena harus menunggu sampai pukul 12.00. 

Data dari hasil hitung form C1 TPS yang discan oleh KPU Sumedang dikirim ke KPU Jabar sampai pukul 18:28 WIB . Data Masuk : 15,65 % (317 dari 2.026 TPS), Suara Sah : 107.225
1. Dony Ahmad Munir –Erwan Setiawan 40,73 %
2. Setya Widodo– Sonia Sugian 11,45 %
3. Zaenal Alimin–Asep Kurnia 18.67 %
4. Irwansyah Putra–Sidik Jafar 18.24 %
5. Eka Setiawan–Mohamad Agung Anugrah 10.91 %

Penulis: Deddi Rustandi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved