Begini Keseharian Anak Tukang Gali Kubur yang Lolos SNMPTN di Fakultas Kedokteran Unpad

"Kadang ada teman yang membawa motor ngajak bareng. Tapi hampir setiap hari saya jalan kaki," ujarnya.

Begini Keseharian Anak Tukang Gali Kubur yang Lolos SNMPTN di Fakultas Kedokteran Unpad
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Inka Kusmayati 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Inka Kusmayati (18) anak tukang gali kubur yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 memiliki keseharian yang berbeda dengan siswa lainnya.

Ketika ditemui Tribun Jabar di kediamannya, ia hanya sendirian dan tengah membaca buku panduan lolos seleksi SBMPTN yang cukup tebal. Saat itu ayahnya yang bekerja sebagai tukang gali kubur itu tidak ada di rumah.

Siswa SMAN 1 Cimahi ini, sejak masuk SMA mengaku kesehariannya hanya bergelut dengan notebook yang dibeli dari hasil urunan saudara-saudaranya.

Baca: Libur Panjang Lebaran Dinilai Hanya Untungkan Kalangan Tertentu Saja

Pada notebook kesayanganya itu, ia belajar materi mata pelajaran dari internet, bahkan untuk sekadar komunikasi dengan teman-temanya pun ia menggunakan notebook tersebut.

"Selain baca-baca buku, saya juga belajar menggunakan laptop kecil, baca-baca mata pelajaran di internet. Untuk komunikasi pun saya hanya menggunakan Line di PC," ujarnya saat ditemui di kediamannya, Jalan Margamulya, Gang Masjid Al-Fatah, RT 09/01, Kelurahan Cimahi, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Rabu (18/4/2018).


Selama tiga tahun sekolah di SMAN 1 Cimahi, dari kediamannya menuju sekolahnya itu, dia hanya jalan kaki, padahal siswa yang lainnya menggunakan kendaraan roda dua.

Jarak yang ditempuh dari kediamanya ke sekolah itu, memang tidak terlalu jauh, sekitar 2 Km harus ia tempuh dengan cara jalan kaki.

Halaman
12
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help