Home »

Video

Serba Serbi Tribun

VIDEO: Puluhan Tersangka Kasus Perampokan Ini Bersumpah dan Baca Al Fatihah

PULUHAN orang ditangkap dan ditetapkan tersangka oleh Satreskrim Polrestabes Bandung selama Maret dalam...

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG-Puluhan orang ditangkap dan ditetapkan tersangka oleh Satreskrim Polrestabes Bandung selama Maret dalam kasus pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas) hingga pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

"‎Jelang libur panjang, buat masyarakat yang hendak berlibur ke Kota Bandung atau warga Kota Bandung yang hendak berlibur dan meninggalkan rumahnya, Polrestabes Bandung sudah mengungkap 49 kasus dengan 48 tersangka kasus curas, curat dan curanmor," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo di Jalan Merdeka Kota Bandung, Kamis (29/3/2018).

Para tersangka ini dibawa ke halaman Mapolrestabes Bandung dan menjalani arahan dari Hendro. Bahkan, mereka sempat berikar dipimpin Hendro.

"Saya berjanji dengan sebenar-benarnya jika selesai masa hukuman, saya akan kembali ke masyarkat, berguna bagi keluarga, masyarakat bangsa dan negara. Saya bersumpah tidak akan ulangi lagi perbuatan saya yang merugikan masyarakat," teriak para tersangka mengucap janji dipimpin Hendro.

Usai berjanji, mereka juga membaca Al Fatihah secara bersama-sama. "Bagi yang muslim, akhiri dengan membaca Al Fatihah," kata Hendro.

Seperti diketahui, pekan ini masuk libur panjang karena pada Jumat (30/3) ‎bertepatan dengan libur Paskah.

Pada kesempatan itu, puluhan tersangka turut dihadirkan di halaman Mapolrestabes Bandung. Berikut dengan sejumlah barang bukti yang diamankan.‎ 15 unit sepeda roda dua dan tiga unit roda empat berbagai merek turut disita. Selain itu, barang bukti lain turut diamankan seperti senjata api, ponsel, komputer jinjing, jam tangan, TV hingga uang tunai senilai Rp 4,1 juta.

"Kasus terungkap selama Maret dengan jumlah curat sebanyak 13 kasus, 21 kasus curas dan curanmor 15 kasus," kata Hendro.

Ia mengatakan, kasus curas curat dan curanmor adalah kasus yang begitu dekat dengan keseharian masyarakat. Dalam artian, kasus itu bisa dialami oleh masyarakat dimanapun dan kapanpun.

"Karenanya, kasus curas,curat dan curanmor jadi fokus perhatian Polrestabes Bandung untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat. Kasus curas dengan modus pepet kendaraan kemudian menarik tas bisa membuat korban terbunuh karena jatuh dari kendaraannya," kata Hendro.

Dari 49 kasus, satu tersangka terpaksa ditembak mati dan empat ‎tersangka lainnya ditembak dikaki karena berusaha melawan polisi saat hendak diamankan. Adapun dari semua kasus yang diungkap, kasus dominan di wilayah Braga, Cihapit dan Braga.

Sementara itu, analisa polisi dari puluhan kasus yang diungkap, ternyata lokasi kejadian tindak pidana curas, curat dan curanmor umumnya di wilayah pemukiman sebanyak 19 kasus, enam kasus di tempat keramaian, di jalan umum 19 kasus dan di pertokoan lima kasus.

"Waktu terjadinya paling banyak terjadi ada pukul 18.00 hingga pukul 24.00 ‎sebanyak 24 kasus dan pukul 24.00 hingga pukul 06.00 sebanyak 12 kasus," kata Hendro. (Mega Nugraha)

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help