Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Jabar

Arogansi Munarman Cerminan FPI

Jumat, 28 Juni 2013 17:43 WIB

JAKARTA, TRIBUN - Ketua Setara Institute, Hendardi, menganggap tindakan yang dilakukan Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman sebagai cerminan FPI. Munarman menyiramkan secangkir air ke wajah Guru Besar Sosiologi Universitas Indonesia (UI) Tamrin Akmal Tamagola saat terlibat perdebatan di acara Apa Kabar Indonesia Pagi yang disiarkan langsung TV One pada Jumat (28/6/2013).

"Tindakan Munarman tidak lain mencerminkan sikap sesungguhnya dari FPI," kata Hendardi dalam pernyataan tertulis yang diterima Jumat sore.

Hendardi menegaskan, sikap Munarman itu juga merupakan cerminan dari kelompok vigilante, atau kelompok yang menegakkan hukum dengan caranya sendiri dan cenderung bertindak anarkistis dalam mencapai tujuannya. Menurutnya, tindakan Munarman sangat tidak terpuji. Dalam alam demokrasi, debat sepanas apa pun harus berlangsung dengan kepala dingin dan tetap mengedepankan etika terhadap orang yang berbeda pendapat.

Respons Tamrin, lanjut Hendardi, yang tidak meladeni ulah Munarman dan menganggap itu perbuatan preman dianggap sudah tepat. Baginya peristiwa pagi tadi merupakan kejadian memalukan karena disaksikan oleh jutaan pemirsa di seluruh Indonesia.

"Kami mendukung sepenuhnya apabila Prof Tamrin bermaksud memperkarakan secara hukum," ujarnya.

Di TV One, keduanya membahas pelarangan sweeping di tempat hiburan malam selama bulan Ramadhan. Silang pendapat antara keduanya terjadi saat membahas aksi sweeping. Munarman menyatakan tak sependapat dengan apa yang dilontarkan Tamrin, lalu beberapa saat kemudian melakukan penyiraman tersebut.

Merespons insiden ini, TV One, melalui akun @akipagi_tvone, menyampaikan permintaan maafnya. Sementara itu, melalui akun Twitter-nya, @tamrintomagola, Tamrin menyatakan tak mau melayani preman.

"Biarkan publik yg menilai n beri hukuman sosial yg setimpal. Sy tdk mau melayani preman," tulis Tamrin setelah acara berlangsung.  (*)

Editor: dar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas