Keluarga TKW Karawang yang Hilang Kontak Kaget Saudaranya Berganti Nama, Ditemukan di Jalanan

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Siti Halimah alias Munirah bin Jasim (Kanan) seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) Karawang, mengaku mendapatkan perlakuan tidak baik oleh majikannya di Riyadh Arab Saudi. Ditemui di Kantor Kelurahan Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Senin (6/12/2021), Munirah mengaku disekap selama 12 tahun oleh majikannya dan tidak memperbolehkan memberi kabar ke orang tuanya. (Istimewa)

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Karawang, Cikwan Suwandi

TRIBUNJABAR.ID, KARAWANG - Keluarga menyebut nama asli Munirah, TKW hilang kontak dan disiksa majikannya, ialah Siti Halimah.

Yanto (35) adik ipar Siti Halimah mengaku kaget saat tahu Siti Halimah berganti nama.

Dirinya mengaku dirinya mengira Munirah berganti nama dari Siti Halimah karena majikannya.

"Saya juga kaget, kenapa jadi Munirah. Kemungkinan karena majikannya," kata Yanto kepada Tribun Jabar, Senin (6/12/2021).

Yanto mengatakan, selama 12 tahun Siti Halimah pergi ke Arab Saudi untuk mengadu nasib. Namun selama dua tahun, Siti Halimah memberi kabar, itu pun hanya berkomunikasi melalui majikannya.

Keluarganya mengaku mengetahui Siti Halimah dari media sosial. Kemudian, kata Yanto, keluarga, mencoba mencari kontak yang memposting foto Siti Halimah.

Setelah mendapatkan kontak Hanafi, yang menemukan Halimah. Keluarga melakukan komunikasi melalui video call dan meyakini kalau itu merupakan Siti Halimah.

"Kami sangat senang, tetapi kami juga masih was-was, karena dia masih belum pulang. Saat ini masih ada di KBRI," katanya.

Salah seorang warga Indonesia yang bekerja di Arab Saudi, Hanafi (41), menemukan Munirah dan membawanya ke KBRI. Perempuan itu ditemukan di jalanan Riyad, Arab Saudi.

Ia yang tengah mencari pertolongan kemudian bertemu dengan warga Indonesia dan menceritakan keadaannya.

"Kondisinya sangat memprihatinkan, badannya sangat kurus," katanya.