Sebut Sektor Ekonomi Jawa Barat Terus Membaik, Wagub Uu: Protokol Kesehatan Jangan Dilupakan!

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Kisdiantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, saat menyampaikan sambutan dalam peresmian obyek wisata Talaga Langit di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Senin (18/10/2021).

Laporan Wartawan Tribunjabar.id, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, menyebut sektor ekonomi di Jawa Barat terus membaik.

Menurut dia, perekonomian Jawa Barat yang sempat minus akibat pandemi Covid-19 secara perlahan menunjukkan tren positif.

Bahkan, kini pertumbuhan sektor perekonomian mulai pulih hingga mencapai lebih dari 4 persen dibanding sebelumnya.

"Kemarin turunnya sampai -5,6 persen, sekarang sudah plus lagi dan terus merangkak naik," ujar Uu Ruzhanul Ulum saat ditemui usai peresmian obyek wisata Talaga Langit di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Senin (18/10/2021).

Ia mengatakan, saat pandemi Covid-19 perekonomian Jawa Barat diharapkan meningkat secara merata dan adil di semua wilayah.

Selain itu, kehadiran obyek wisata baru seperti Talaga Langit juga dapat berkontribusi untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

- (Istimewa)

Pasalnya, operasional obyek wisata memberikan multiplayer effect kepada masyarakat sekitar dari hasil transaksi para pengunjung yang datang.

"Obyek wisata dapat menggeliatkan perekonomian, sehingga masyarakat sekitarnya juga ceuk Sunda mah kacepretan," kata Uu Ruzhanul Ulum.

Namun, Kang Uu berpesan agar operasional seluruh obyek wisata di Jawa Barat selalu mengutamakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Di antaranya, pemakaian masker, jaga jarak antarpengunjung, dan lainnya. Pihaknya juga berpesan agar sarana penunjang protokol kesehatan disiapkan di setiap obyek wisata.

Misalnya, wastafel yang dilengkapi sabun antiseptik untuk cuci tangan, penyediaan hand sanitizer di sejumlah titik, dan lainnya.

"Pemprov Jabar mendukung pemulihan ekonomi melalui pariwisata, tapi kami mohon protokol kesehatannya jangan dilupakan," ujar Uu Ruzhanul Ulum.