Longsor Kepung Desa Nasol Ciamis, Ada di 15 Titik Longsor di 7 Dusun, Warga Terpaksa Mengungsi

Runtuh – Pagar dan tembok penahanan tebing (TPT) halaman Masjid Al Barokah di Dusun Sigung I Rt 33 Rw 12 Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Ciamis runtuh menimpa rumah Mak Iti (65) saat hujan lebat mengguyur Sabtu (25/9) pukul 17.15 sore. Tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut. Tapi pengajian yang sedang berlangsung pun bubar dengan spontan

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Hujan lebat disertai petir yang melanda Ciamis Sabtu (25/9) sore ternyata telah memicu terjadinya longsor di 15 lokasi yang tersebar di 7  dusun yang ada di Desa Nasol Kecamatan  Cikoneng Ciamis.

Tujugh dari sembilan dusun yang ada di desa yang berada di kaki Gunung Sawal tersebut dikepung longsor.

“Dari pendataan terakhir sampai pukul 12.00 siang ini, total kejadian longsor terjadi di 15 lokasi. Tersebar di 7 dusun dari 9 dusun di Desa Nasol. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka,” ujar Sekdes Nasol Kecamatan Cikoneng Ciamis, Abdul Latif kepada Tribun, Minggu (26/9/2021) siang.

Secara rinci menurut Abdul Latif, longsor terjadi di Dusun Desa (4 lokasi),  Dusun Batu Malang (4 lokasi), Dusun Carig (1 lokasi), Dusun Cikuda (2 lokasi), Dusun Sigung 1 (1 lokasi), Dusun Sigung 2 ( 2 lokasi), dan Dusun Palasari (1 lokasi).

Baca juga: Longsor Landa Desa Nasol Ciamis, Pagar dan TPT Masjid Roboh, Jemaah Pengajian Berhamburan Keluar

Di Dusun Desa Rt 14 RW 04, runtuhan tebing  menutup saluran air. Di Rt  13 Rw 04, sebanyak 3 rumah terancam longsor masing-masing milik Aan Darwat,  Dede Desyadi dan Tuti.

Sedangkan di Rt 12 RW 04 Dusun Desa  runtuhan tebing juga menutup saluran air. Berikut di Rt 10 RW 03,  akibat  rumah Fauzi terancam.

Di Dusun Batumalang Rt 43 RW 16  runtuhan tebing menimpa rumah Sukaesih.  Di RT 42 RW 15, TPT runtuh menutupi ruas jalan Batumalang, menyebabkan rumah Daos terancam.  Di Rt 44 RW 16, longsor tebing menimpa rumah  Soleh. Dan di Rt  45 RW 17, longsor menyebabkan rumah Sukiman terancam

Di Dusun Cikuda  Rt 30 RW 10  longsor menimpa rumah Heri. Sedangkan di Rt 27 RW 09 longsor tebing menutup ruas jalan yang menghubungkan Desa Nasol dan Desa Darmacaang. Dua rumah warga terancam yakni rumah  Maryono dan rumah Oman.

Halaman
12