Gus Muhaimin dan Dubes Rusia Dialog Kehidupan Islam Rusia-Indonesia di Pesantren Nurul Iman

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, menjadikan Indonesia rujukan negara-negara

Editor: Ichsan
dok.pribadi
Gus Muhaimin dan Dubes Rusia Dialog Kehidupan Islam Rusia-Indonesia di Pesantren Nurul Iman 

TRIBUNJABAR.ID - Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, menjadikan Indonesia rujukan negara-negara sahabat mempelajari kehidupan beragama di Indonesia yang rukun.

Dimana umat muslim yang jumlahnya 86,9 persen dari total jumlah penduduk Indonesia atau 237,56 juta jiwa bisa berdampingan dengan penganut agama lain dalam kehidupan yang damai.

Hal inilah yang menjadi tema kunjungan Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva ke Pondok Pesantren Nurul Iman Cibaduyut, Kota Bandung Selasa, 24 Januari 2023.

Kunjungan Dubes Rusia dilakukan bersama Ketua Umum PKB yang juga Wakil Ketua DPR RI yang aktif menyebarkan gagasan ajaran Islam rahmatan lil alamin yakni Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin.

Kedatangan Lyudmila Vorobieva dan Gus Muhaimin disambut Pimpinan Ponpes Nurul Iman KH Khoiruddin Aly serta lantunan lagu Yalal Wathon dari ribuan santri Pondok Pesantren Nurul Iman.

Kunjungan ke Pesantren Nurul Iman Cibaduyut ini dilaksanakan dalam rangka dialog yang bertajuk "Dialog Kehidupan Islam di Indonesia dan Islam di Rusia".

Baca juga: Dinilai Representasi Santri, Laskar Santri Kab Bandung Deklarasikan Muhaimin Iskandar Capres 2024

Dalam materinya Lyudmila menyampaikan tentang banyaknya kesamaan kehidupan beragama di Rusia dengan Indonesia yang mana berpegang pada nilai-nilai tradisi.

Dubes juga menyampaikan bagaimana umat Islam di Rusia mengalami perkembangan yang pesat, hingga menjadikan Rusia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di Eropa.

Saat ini kata Lyudmila jumlah umat muslim di Rusia mencapai 20-30 juta jiwa atau 30 persen dari total keseluruhan penduduk Rusia

"Islam sekarang mengalami periode kebangkitan di Rusia Jumlah mesjid di rusia meningkat 70 kali, sekarang jumlahnya hampir 7 ribu mesjid," ucapnya.

Sementara itu Gus Muhaimin, menyampaikan rada syukur sebagai umat Islam di Indonesia, dimana bisa hidup tenang, aman dan damai.

"Kita juga bersyukur Rusia penduduk muslimnya sangat besar, bahkan sejak Uni Soviet semua negara-negara pecahan Uni Soviet banyak yang berpenduduk muslim," kata Gus Muhaimin, dalam rilisnnya, Rabu (25/1/2023).

Gus Muhaimin menjelaskan semangat atau ghiroh keagamaan di Rusia tinggi, terbukti jemaah haji itu sangat besar yang berangkat ke Saudi.

Baca juga: PKB Indramayu Gelar Pendidikan Kader, Semangati Kader Menangi Pemilu & Jadikan Gus Muhaimin Presiden

"Kalau kita bandingkan kita memiliki banyak kelebihan yang patut kita syukuri, umat islam melaksanakan seluruh perjuangannya dengan aman setelah reformasi," ujarnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved