Breaking News:

Es Krim Ikan Nila, Produk Inovatif Peternak dari Kawali Ciamis Disebut Bisa Turut Cegah Stunting

Dari 32 macam produk olahan ikan yang yang tersedia dan dipasarkan di Gerai Sahabat Dulur Galuh tersebut di antaranya adalah ice cream (es krim) ikan

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/ANDRI M DANI
Es krim ikan nila produk kreatif dan inovatif petani ikan dari Kampung Nila Kawali Ciamis sekarang mulai diproduksi secara luas, Rabu (25/1/2023). Inovasi ini dapat menggalakan upaya masyarakat gemar makan ikan dan mencegah stunting. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Bertepatan dengan peringatan Hari Gizi Nasional ke-63, Rabu (25/1/2023) komunitas peternak ikan yang tergabung dalam Pembudidaya Perikanan Ciamis (PPC) meluncurkan gerai “Sahabat Dulur Galuh”.

Di gerai yang berada di Plaza Kuliner “Rukun Batik” Lesehan Bahari Jalan Sudirman di depan/seberang Kantor Bulog dan Puskesmas Ciamis tersebut tersedia berbagai macam produk dari berbagai UMKM di Ciamis.

Terutama produk UMKM olahan ikan. Bermacam produk olahan berbahan baku ikan yang kaya protein hewani yang sehat dan bergizi tersedia di gerai tersebut.

Dari 32 macam produk olahan ikan yang yang tersedia dan dipasarkan di Gerai Sahabat Dulur Galuh tersebut di antaranya adalah ice cream (es krim) ikan nila.

Menurut Ketua PPC, Hendar Suhendar kepada Tribunjabar.id, Rabu (25/1/2023) es krim ikan nila tersebut merupakan produk kreatif dari para peternak ikan nila di Kampung Nila Dusun Banjarwaru Desa/Kecamatan Kawali Ciamis.

Baca juga: Inovasi My I-Pond untuk Petambak Ikan Nila Raih Predikat Best Of The Best dalam Innovillage 2021

“Es krim ikan nila ini pertama kali ditampilkan pada ekspo PPC di Kampung Nila Kawali tahun 2021 sebagai produk inovatif. Dan tahun 2023 sudah diproduksi secara massal dijual untuk pasar umum,” ujar Hendar Suhendar yang juga peternak ikan koi dari Banjaranyar Ciamis tersebut kepada Tribunjabar.id, Rabu (25/1/2023).

Selama ini menurut Hendar, produk olahan ikan secara mainstream lebih banyak berupa lauk pauk. Namun dengan adanya berbagai inovasi dari peternak ikan munculah kreasi baru berupa es krim ikan nila.

Daging ikan nila diolah sedemikian rupa menjadi camilan yang disenangi terutama digemari anak-anak tentunya, yakni es krim.

“Target produk es krim ikan nila ini memang anak-anak. Terutama anak-anak sekolah. Anak-anak sekolah punya jajanan pilihan yang bergizi, sehat dan aman. Yakni es krim ikan nila dari Kawali Ciamis,” katanya.

Ketika jajanan anak-anak menjadi sorotan, menyusul maraknya kasus ciki ngebul (cikbul) menurut Hendar, kehadiran es krim ikan nila dari produk Kampung Nila dari Kawali Ciamis ini menawarkan solusi sebagai jajanan pangan aman sehat (JPAS) dan bergizi.

Baca juga: Serunya Wisata Malam di Lembang, Ada Konser Musik, Lampu Warna Warni Hingga Festival Es Krim

Kehadiran es krim ikan nila katanya bisa lebih memudahkan kampanye gemar makan ikan bagi anak-anak.

Kalau selama ini kegiatan gemar makan ikan, seakan identik memberi semangat bagi anak-anak untuk gemar makan ikan sebagai lauk pauk (ikan bakar, ikan goreng, serta masakan ikan lainnya). Maupun kuliner lainnya yang berbahan baku ikan. Seperti bakso ikan, nuget ikan, cilok ikan hingga siomay ikan.

Adanya es krim ikan nila sebagai jajanan anak-anak, tentunya akan lebih menjadi daya tarik bagi anak-anak. Bagaimana pun juga es krim, adalah jajanan yang banyak digemari anak-anak.

Es krim ikan nila produk kreatif dan inovatif petani ikan dari Kampung Nila Kawali Ciamis sekarang mulai diproduksi secara luas, Rabu (25/1/2023). Inovasi ini dapat menggalakan upaya masyarakat gemar makan ikan dan mencegah stunting.
Es krim ikan nila produk kreatif dan inovatif petani ikan dari Kampung Nila Kawali Ciamis sekarang mulai diproduksi secara luas, Rabu (25/1/2023). Inovasi ini dapat menggalakan upaya masyarakat gemar makan ikan dan mencegah stunting. (TRIBUNJABAR.ID/ANDRI M DANI)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved