Kajian Islami

Mengenal Apa Itu Bulan Haram Dalam Islam, Serta Amalan-Amalan Kebaikan Yang Dapat Dikerjakan

Bulan Haram dalam Islam merupakan bulan yang Allah SWT muliakan. Adapun keempat bulan haram tersebut yaitu Muharram, Dzulqa'adah, Dzulhijjah dan Rajab

Penulis: Magang Tribunjabar | Editor: Ravianto
freepik
Terdapat empat bulan haram dalam Islam yang Allah SWT muliakan, diantaranya Muharram, Dzulqa'adah, Dzulhijjah dan Rajab. Serta didalamnya terdapat amalan kebaikan yang dapat kita kerjakan. 

TRIBUNJABAR.ID - Bulan Haram dalam Islam merupakan kumpulan bulan suci dan bulan istimewa yang Allah SWT muliakan.

Islam memerintahkan umatnya agar memuliakan bulan-bulan haram dengan meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

Arti kata haram dalam konteks bulan haram bukanlah larangan, melainkan haram disini dimaksud sebagai kemuliaan atau penuh kehormatan.

Dilansir dari laman mui.or.id bahwasannya perintah memuliakan bulan haram merupakan salah satu apresiasi yang diberikan Alquran terhadap tradisi dan budaya masyarakat Arab jahiliyah yang telah mengakar dalam kehidupan mereka.

Sesuai dengan hadist yang dikisahkan abu Barkah RA, Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda: "Zaman berputar seperti hari Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu terdiri dari 12 bulan, di antaranya 4 bulan Haram, tiga bulan berurutan, Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Muharram. Adapun Rajab yang juga merupakan bulannya kaum Mudhr, berada di antara Jumadil Akhir dan Sya'ban," (HR Bukhari Muslim).

Adapun keempat bulan yang termasuk kedalam bulan haram diantaranya Muharram, Dzulqa’adah, Dzulhijjah, dan Rajab.

Dijelaskan juga mengenai keempat bulan haram ini dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 36, Allah SWT berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًۭا فِى كِتَـٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَـٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌۭ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَـٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةًۭ كَمَا يُقَـٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةًۭ ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya jumlah bulan yang ditetapkan oleh Allah adalah dua belas, dalam catatan Allah sejak Dia menciptakan langit dan bumi, yang empat di antaranya adalah bulan suci. Itu adalah jalan yang benar. Maka janganlah saling menganiaya selama bulan-bulan tersebut dan bersama-sama memerangi musyrik sebagaimana mereka memerangimu bersama-sama. Ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa (kepada-Nya).”

Dalam bulan-bulan haram, diharamkan segala bentuk pembunuhan dan peperangan di bulan tersebut.

Karena, di keempat bulan haram tersebut dianggap suci dan diharamkan melakukan perbuatan dzalim karena dosanya sangat besar.

Selain itu, dimasa bulan-bulan haram tersebut pula segala bentuk amalan kebaikan yang dilakukan pada bulan tersebut akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Seperti dikutip dari website republika.co.id, Menurut Ibnu Abbas, Allah SWT memang mengkhususkan empat bulan sebagai bulan haram (bulan yang dimuliakan). Sebab, jika berbuat dosa pada bulan-bulan tersebut, dosanya akan lebih besar dibandingkan bulan yang lain. Begitu juga sebaliknya, bila berbuat amal saleh, ganjaran kebaikan akan diperoleh dengan pahala yang berlipat-lipat. (Latho-if Al Ma'arif, 207).

Adapun amalan-amalan yang sebaiknya kamu hindari dan amalan-amalan yang harus kamu lakukan, diantaranya:

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved