Bandung Rawan Kejahatan, Wali Kota Diminta Pasang CCTV di Tiap RW

Ketua Forum RW Kota Bandung, Lili Maulana mengatakan, saat ini baru sekitar 30 persen dari 1.594 RW yang sudah memiliki CCTV. 

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Ravianto
Istimewa
Pria berjaket ojek online tetangkap kamera CCTV setelah menusuk seorang warga Kompleks Gading Tutuka, Kabupaten Bandung. Forum RW Kota Bandung mendorong Wali Kota atau Sekretaris Daerah (Sekda) memberikan arahan kepada Lurah atau Camat agar memasang kamera CCTV di setiap RW.  

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Forum RW Kota Bandung mendorong Wali Kota atau Sekretaris Daerah (Sekda) memberikan arahan kepada Lurah atau Camat agar memasang kamera CCTV di setiap RW. 

Ketua Forum RW Kota Bandung, Lili Maulana mengatakan, saat ini baru sekitar 30 persen dari 1.594 RW yang sudah memiliki CCTV

Setiap Kelurahan atau Kecamatan, kata dia, dapat memanfaatkan Program Inovasi pemberdayaan pembangunan kewilayahan (PIPPK) untuk memasang CCTV di setiap RW.

Pemasangan CCTV ini, kata dia, dirasa sangat penting mengingat dalam beberapa pekan terakhir, kerap terjadi aksi kejahatan jalanan.

"Makanya harus saklek dari pemerintah untuk pengadaan ini. Kalau memang ada penugasan dari Wali Kota atau Sekda, pasti langsung turun (anggaran pemasangan CCTV)," kata Lili, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (23/1/2023).

Dari perhitungannya, biaya pemasangan CCTV sekitar Rp. 13 juta untuk enam titik di setiap RW, belum termasuk pemasangan layar rekaman CCTV serta listrik yang digunakan selama 24 jam.

"Jadi, anggaran dari kecamatan sebenarnya sudah ada. Tinggal RW-nya mau atau tidak. Karena tidak ada ketegasan makanya dari dulu tidak pernah ada pemasangan," katanya. 

Selain itu, Ia menduga banyak RW yang tidak mau mengajukan karena sejumlah pertimbangan, mulai dari penyimpanan layar rekaman sampai enggan dimintain keterangan saat terjadi kejahatan. 

"Jadi, pertimbangannya memang banyak. Termasuk suplai listriknya bagaimana karena kan harus 24 jam merekam itu," ucapnya.

Ia menilai, semua alasan itu harusnya tidak menjadi penghalang demi keamanan di lingkungannya masing-masing. 

Apalagi, belakangan banyak aksi kejahatan di malam hari. Untuk itu, Lili meminta Pemerintah Kota Bandung untuk memasang kamera CCTV di setiap RW guna mengawasi pergerakan pelaku kejahatan di Kota Bandung.

"Kalau setiap RW ada CCTV kan kedeteksi, kalau mereka melakukan tindakan kriminal larinya ke RW lain kan iti terdeteksi. Saya minta CCTV bukan untuk RW saya saja, tapi seluruh Kota Bandung," katanya.(Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman. )

Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved