PT KAI Daop 3 Cirebon Imbau Masyarakat Mewaspadai Penipuan Berkedok Promo KAI, Jangan Diklik

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Ayep Hanapi, mengatakan, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap phishing.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar
Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Ayep Hanapi. PT KAI Daop 3 Cirebon mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penipuan berkedok promo dari PT KAI. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - PT KAI Daop 3 Cirebon mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penipuan berkedok promo dari PT KAI.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Ayep Hanapi, mengatakan, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap phishing atau upaya untuk mendapatkan informasi seseorang melalui teknik pengelabuan.

Terutama melalui melalui link berkedok promosi yang menggunakan identitas PT KAI, yakni logo, nama, foto-foto perkeretaapian, dan lainnya.

"Kami mengimbau masyarakat tidak menanggapi segala bentuk informasi yang bukan dari akun resmi PT KAI," kata Ayep Hanapi saat ditemui di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Sabtu (21/1/2023).

Baca juga: Hotel Santika Cirebon Hadirkan Paket Makan Malam Spesial Imlek, Cocok Dinikmati Bersama Keluarga

Ia mengakui, saat ini beredar link yang diduga penipuan menggunakan atribut PT KAI di media sosial dan aplikasi chatting dan alamat situsnya mencurigakan.

Pihaknya mewanti-wanti masyarakat tidak mengeklik link tersebut dan jangan mengikuti langkah yang diinstruksikan dalam website tersebut.

Bahkan, hingga memberikan data pribadi ke website itu dan jangan menyebarluaskan link atau tautan mencurigakan tersebut kepada rekan serta keluarganya.

"Dikhawatirkan dalam link tersebut terdapat malware, virus, atau scam yang bertujuan untuk melakukan kejahatan," ujar Ayep Hanapi.

Ayep menyampaikan, tindakan semacam itu sangat terencana dan bertujuan mencuri uang dengan cara mengakali, membohongi, menipu pihak lain, serta mengambil data pribadi melalui virus.

Pihaknya mengingatkan seluruh elemen masyarakat selalu berhati-hati dan waspada terhadap segala bentuk informasi maupun promosi yang mengatasnamakan PT KAI.

"Informasi resmi mengenai promo yang diberikan PT KAI dapat dipantau langsung melalui website kai.id atau media sosial KAI121," kata Ayep Hanapi. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved