PPKM Dicabut, Pemain Barongsai di Bandung Kebanjiran Orderan Jelang Imlek, Begini Latihan Fisiknya

Menjelang Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023, pemain barongsai yang tergabung dalam Bandung Santo Club mulai mempersiapkan diri untuk tampil

TRIBUNJABAR.ID/PUTRI PUSPITA
Menjelang Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023, pemain barongsai yang tergabung dalam Bandung Santo Club mulai mempersiapkan diri untuk tampil di beberapa event Imlek. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR. ID, BANDUNG - Barongsai adalah jenis tarian tradisional asal Tiongkok yang seringkali bisa ditemukan saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh.

Saat Pandemi Covid-19, penampilan barongsai sempat ditiadakan karena atraksinya yang seringkali harus berinterkasi dengan pengunjung.

Hadirnya barongsai juga menjadi hal yang menarik perhatian pengunjung karena gerakan para pemain yang menggunakan kostum menyerupai singa sungguh lihai.

Menjelang Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023, pemain barongsai yang tergabung dalam Bandung Santo Club mulai mempersiapkan diri untuk tampil di beberapa event Imlek.

Ketua Bandung Santo Club, Kelvin Yobel mengatakan hal yang harus diperhatikan sebelum memainkan barongsai, yakni harus latihan fisik dan kuda-kuda.

Baca juga: Penjualan Kue Keranjang dan Dekorasi Imlek Meningkat, Ini Barang yang Banyak Dibeli Termasuk Angpao

"Kalau untuk anak-anak akan ada pengenalan makna barongsai adalah untuk menolak bala disimbolkam dengan adanya cermin di bagian atas kepala singa," kata Kelvin saat ditemui di sela-sela latihan barongsai di SMA Harapan Kasih, Jalan Mekarwangi, Kamis (19/1/2023) malam.

Berbeda halnya dengan pemain barongsai yang sudah dewasa, Kelvin mengatakan mereka akan ditempa latihan fisik seperti push up dan sit up.

Menjelang Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023, pemain barongsai yang tergabung dalam Bandung Santo Club mulai mempersiapkan diri untuk tampil di beberapa event Imlek.
Menjelang Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023, pemain barongsai yang tergabung dalam Bandung Santo Club mulai mempersiapkan diri untuk tampil di beberapa event Imlek. (TRIBUNJABAR.ID/PUTRI PUSPITA)

Hal ini dilakukan karena beban yang dibawa cukup berat.

"Untuk ukuran kepala barongsainya saja 3 kg dan rangkaiannya terbuat dari rotan dengan lama waktu performa sekitar 30 menit," ujarnya.

Kelvin merasa senang tahun ini penampilan barongsai sudah kembali diadakan, berbeda halnya dengan dua tahun ke belakang.

"Imlek tahun ini sudah ada 35 orderan untuk tampil dan tahun sebelumnya hanya 4 penampilan saja," ujarnya.

Kelvin menceritakan, Bandung Santo Club sudah berdiri sejak 1995 yang bermula dari ekstrakurikuler kampus.

Baca juga: 15 Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 Pakai Bahasa Mandarin dan Artinya, Bagikan 22 Januari

Tidak hanya tampil untuk perayaan Imlek tetapi Bandung Santo Club juga telah mengikuti berbagai kejuaraan seperti Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat dan meraih juara 3 untuk cabor barongsai.

Selain itu juga Bandung Santo Club telah tampil di beberapa negara dan ikut kejuaraan dunia seperti di Hongkong pada 2016 membawa piala barongsai. (*)

Silakan baca berita Tribunjabar.id terbaru lainnya, klik di GoogleNews

 

Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved