Baru Sehari Dibuka, 2 Warga Mengadu ke Posko Bawaslu Ciamis, Identitasnya Dicatut Untuk Dukungan DPD

Meski baru dibuka Jumat (6/1/2023) namun sudah ada dua orang yang mengadu ke Posko Pengaduan Bawaslu Ciamis, identitasnya dicatut untuk dukungan DPDR

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Andri M Dani
Meski baru dibuka Jumat (6/1/2023) namun sudah ada dua orang yang mengadu ke Posko Pengaduan Bawaslu Ciamis, identitasnya dicatut untuk dukungan DPD RI. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Meski baru dibuka mulai Jumat (6/1/2023) namun sudah ada dua orang yang mengadu ke Posko Pengaduan Bawaslu Ciamis.

Kedua warga Ciamis tersebut datang langsung ke Posko Pengaduan Bawasu Ciamis di Sekretariat Jalan RAA Kusumah Subrata Kompleks Perkantoran Kertasari Ciamis.

Mereka mengadu karena merasa identitasnya digunakan sepihak, dicatut sebagai pendukung bakal calon anggot DPD RI.

“Posko pengaduan memang baru buka kemarin (Jumat, 6/1). Tetapi kemarin itu sudah ada dua orang yang mengadu karena identitasnya dicatut untuk dukungan bakal calon anggota DPD ,” ujar Yuni Isdiati S.Si, Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Ciamis kepada Tribun Sabtu (7/1).

Kedua warga yang mengadu ke Posko Pengaduan Bawaslu Ciamis karena merasa identitasnya dicatut tersebut menurut Yuni, seorang adalah petugas Sekretariat Panwascam Sindangkasih dan seorang lagi adalah seorang pendaftar sebagai calon anggota Panitia Pemungut Suara (PPS).

Sebelumnya keduanya lebih dulu melacak NIK/idenitas mereka di-link : cari_nik_pendukung (link mirip Sipol). Ternyata identitas keduanya tercatat sebagai pendukung salah seorang bakal calon anggota DPD RI. Padahal mereka tidak pernah memberikan dukungan.

Karena identitasnya dicatut, kedua orant terebut tidak hanya mengadu seara online ke https://bit.ly/aduanbawasluciamis tetapi juga datang langsung melapor secara manual ke Posko Pengaduan Bawaslu Ciamis, Jumat (6/1).

Menurut Yuni, saat ini merupakan tahapan bagi bakal calon anggota DPD RI untuk melaporkan bukti identitas dukungan sebagai bakal calon anggota DPD RI dalam suatu Link khusus yang sifatnya terbuka. Link tersebut mirip SIPOL (sistem informasi parpol) tentang anggota Parpol ber-KTA untuk verifikasi administrasi dan verifikasi fktual parpol.

“Jadi apakah seseorang , NIK atau identitasnya tercatat sebagai pendukung bakal calon anggota DPD, bisa dicek melalui link: https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik_pendukung,” ucap Yuni.

Bila Anda bukan pendukung bakal calon anggota DPD RI, tapi identitasnya tercantum sebagai pendukung calon anggota DPD RI laporkan segera secara online melalui link(scan QR):https://bit_ly/aduanbawasluciamis.

“Atau bisa langsung datang ke Posko Pengaduan di Kantor Bawaslu Ciamis,” ujarnya.

Setiap minggu Bawaslu Ciamis akan merekap warga yang sudah mengadu baik melalui link (online) atau yang datang langsung ke Posko Pengaduan Bawaslu Ciamis. “Kemudian kami akan mengkoordinasikannya dengan KPU Ciamis untuk tindak lanjut. Setia seminggu sekali direkap pengaduannya,” kata Yuni. (*)

Silakan baca berita Tribunjabar.id terbaru lainnya di GoogleNews

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved