Edukasi Manfaat Tepung Mocaf Dalam Meningkatkan Nilai Tambah Petani Serta Pemenuhan Gizi Masyarakat

Untuk diversifikasi produk singkong, tim Dosen Universitas Bhakti Kencana laksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Dusun Cibogo,Sumedang

istimewa
Pengmas pembuatan tepung mocaf dalam meningkatkan nilai tambah petani serta pemenuhan gizi masyarakat 

TRIBUNJABAR.ID,- Konsumsi masyarakat pada tepung terigu saat ini begitu besar karena banyak digunakan dalam pembuatan kue, roti, mie dan aneka makanan lainnya . Padahal bahan baku tepung terigu yaitu gandum merupakan komoditas yang 100 persen diimpor dari luar negeri, sehingga sangat berpengaruh terhadap harga dan ketersediaan pasokannya. Untuk mengurangi ketergantungan terhadap pemakaian tepung terigu, perlu dicari alternatif penggantinya yaitu bahan pangan yang memiliki karakter mendekati tepung terigu.

Pengmas pembuatan tepung mocaf dalam meningkatkan  nilai tambah petani serta pemenuhan gizi masyarakat
Pengmas pembuatan tepung mocaf dalam meningkatkan nilai tambah petani serta pemenuhan gizi masyarakat ()

Singkong atau ketela pohon atau ubi kayu yang dapat tumbuh subur di wilayah Indonesia memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku tepung pengganti tepung terigu yang berbasis impor. Saat ini Singkong sering dianggap sebagai umbi yang hanya dapat diolah sebagai tepung tapioka dan bermacam makanan lokal untuk ketahanan pangan saja. Banyak masyarakat yang belum mampu melakukan pengolahan secara baik dan optimal.

Singkong biasanya hanya dibuat cemilan dirumah dan dijual dalam keadaan mentah sehingga nilai jualnya relatif rendah. Perkembangan panen Singkong di Indonesia selama kurun waktu 1980 - 2016 berfluktuasi dengan kecenderungan mengalami penurunan. Perkembangan luas panen selama lima tahun terakhir cenderung menurun yaitu 8,98% per tahun

Oleh karena itu, untuk diversifikasi produk singkong, maka tim Dosen Universitas Bhakti Kencana yang terdiri dari Apt. Nita Selifiana, M.Si , Kosasih, S.Sos., M.Pd, dra. Trijani Moedjiherwati, M.Kes,Shinta Ika Sandhi, S.SiT., M.Kes, Agung Sutriyawan, SKM., M.Kes dan Ira Adiyati Rum, M.Si melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Dusun Cibogo, Desa Sukaluyu, Kecamatan Ganeas, Sumedang pada hari Sabtu tanggal 3 dan 10 Desember 2022. Pihak- pihak yang terlibat pada kegiatan ini adalah Pemerintah Desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Gabungan Kelompok Tani, Rukun Warga 01, Kelompok Wanita Tani, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Tujuan kegiatan ini antara lain Edukasi tentang nilai tambah dari komoditas singkong melalui penerapan teknologi, pelatihan pembuatan tepung Mocaf dari bahan baku singkong yang bernilai tambah baik bagi kesehatan maupun ekonomi, penguatan ekosistem bisnis dan kelembagaan di tingkat petani dan mitra setempat dan pendampingan Program Pemberdayaan sebagai upaya berkelanjutan.

FGD bersama Kelompok Tani serta Edukasi pembuatan tepung mocaf dalam meningkatkan  nilai tambah petani serta pemenuhan gizi masyarakat
FGD bersama Kelompok Tani serta Edukasi pembuatan tepung mocaf dalam meningkatkan nilai tambah petani serta pemenuhan gizi masyarakat ()

Pada tanggal 3 Desember 2022 kegiatan dimulai dengan Focus Group Discussion (FGD) yang bertujuan untuk menggali tentang pemanfaatan singkong yang sudah dilakukan serta masalah yang dihadapi kelompok Wanita tani dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Focus Group Discussion dilakukan untuk menggali kondisi terakhir kelompok tani, permasalahan yang ada, serta kebutuhan yang dapat difasilitasi oleh tim pengabdian.

Pada kegiatan tersebut beberapa hal yang terungkap adalah kelompok tani masih bingung cara memanfaatkan singkong, Harga Singkong mentah cukup murah sehingga tidak terlalu banyak nilai ekonomisnya, sementara pemeliharaannya cukup lama, masyarakat masih belum tau nilai gizi yang terdapat pada singkong. Diperlukan pengetahuan dan keterampilan pengolahan singkong yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan nilai gizi. Setelah itu, ada edukasi yang dilakukan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Gabungan Kelompok Wanita Tani, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tentang tepung mocaf, cara pembuatan dan pemanfaatannya.

Praktik pembuatan tepung mocaf dan pengolahan tepung mocaf sebagai makanan sehari-hari
Praktik pembuatan tepung mocaf dan pengolahan tepung mocaf sebagai makanan sehari-hari ()
Praktik pembuatan tepung mocaf dan pengolahan tepung mocaf sebagai makanan sehari-hari
Praktik pembuatan tepung mocaf dan pengolahan tepung mocaf sebagai makanan sehari-hari ()

Pada tanggal 10 Desember 2022, Tim Pengmas melakukan kunjungan kembali ke Desa Cibogo untuk melaksanakan praktik pembuatan tepung mocaf dan pengolahan tepung mocaf sebagai makanan sehari-hari. Praktik yang dilakukan adalah pembuatan tepung mocaf dan pengolahan tepung mocaf. Tepung mocaf digunakan dalam pembuatan gehu dan pasta mocaf.

Terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UBK yang telah memberikan dana untuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2022.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()
Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()

https://www.instagram.com/p/ClDcox3LZFq/?igshid=MDJmNzVkMjY=

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved