Penghijauan di Hulu Titik Banjir Bandang Sumedang Jadi Catatan Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi mengatakan bahwa menurut informasi yang didapatkannya, kawasan Gunung Geulis masih hijau.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/KIKI ANDRIANA
Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Ine Purwadewi mengatakan bahwa menurut informasi yang didapatkannya, kawasan Gunung Geulis masih hijau. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Kiki Andriana dari Sumedang

TRIBUNJABARMID, SUMEDANG - Banjir bandang di Sawahdadap, Cimanggung, Sumedang dipicu longsor di kawasan Gunung Geulis menurut data BPBD Sumedang.

Namun, banyak pihak menduga ada yang tak beres dengan vegetasi tanaman hutan di gunung tersebut sehingga longsor terjadi.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Ine Purwadewi mengatakan bahwa menurut informasi yang didapatkannya, kawasan Gunung Geulis masih hijau.

Namun pasca-bencana yang merusak perkampungan di Sawahdadap, daerah itu tak akan luput dari sentuhan penghijauan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) karena ada programnya.

"Saya kira partai juga akan bergerak, dan ini menjadi masukan buat kami untuk nanti melakukan penghijauan," kata Ineu di Sawahdadap, Senin (26/12/2022).

Baca juga: Banyak Batu Besar dan Kayu, Pembersihan Material Banjir Bandang di Sawahdadap Sumedang Bakal Lama

Menurut Ineu, PDIP memang punya perhatian khusus urusan penghijauan dalam skala nasional.

Banjir bandang Sawahdadap menyisakan pekerjaan yang sulit diselesaikan secara manual, yakni normalisasi sungai.

Dalam hal ini, Ineu mengatakan normalisasi sudah seharusnya dilakukan cepat, sebab saat ini masih musim penghujan dan akan berbahaya jika sungai belum normal.

Dia mengatakan bahwa dia mendorong agar lembaga terkait pekerjaan normalisasi sungai agar bersegera menyelesaikan normalisasi sungai Cisurupan di Sawahdadap. (*)

Silakan baca berita Tribunjabar.id terbaru lainnya di GoogleNews

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved