Breaking News:

Penguatan Peran Keluarga Deteksi Dini Stroke dan Risiko Penyakit Jantung Dengan Metode FAST dan SKJ

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Tim Fakultas Keperawatan Universitas Bhakti Kencana dilaksanakan pada Tanggal 20 November 2022

istimewa
Kegiatan PKM oleh Tim Fakultas Keperawatan UBK dilaksanakan pada Tanggal 20 November 2022 di Komplek Cibiru Asri Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung 

TRIBUNJABAR.ID,- Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Tim Fakultas Keperawatan Universitas Bhakti Kencana dilaksanakan pada Tanggal 20 November 2022 di Komplek Cibiru Asri Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 orang peserta yang terdiri dari warga RW XX, perangkat ibu—bu PKK, 4 orang Dosen Universitas Bhakti kencana dan 2 orang Mahasiswa Universitas Bhakti Kencana.

Tema pengabdian masyarakat saat ini adalah : “Penguatan Peran Keluarga Dalam Deteksi Dini Stroke dan Risiko penyakit Jantung Dengan Metode FAST dan SKJ”. Tema ini diambil karena tingginya angka kematian akibat penyakit kardiovaskuler. Penyakit ini dapat dicegah dengan deteksi dini dan pengendalian faktor risiko.

Kegiatan dibagi dalam 5 bagian kegiatan yaitu Pembukaan, Penyuluhan tentang penyakit kardiovaskuler dan deteksi dini menggunakan metode FAST dan SKJ, Obat-obat herbal pada kardiovaskuler, Demonstrasi deteksi dini dan penutupan.

Pembukaan dilakukan oleh MC : Ibu xx yang kemudian Sambutan dari Ibu ketua RW xx serta pembukaan dari ketua Pelaksana : Sri Wulan Megawati, S.Kep, Ners, M.Kep.

Peserta menyimak materi penyuluhan Tentang penyakit kardiovaskuler dan cara deteksi dini dengan baik tampak antusias terhadap apa yang disampaikan. Beberapa peserta bertanya tentang penyakig kardio vaskuler, potensi mengidap penyakitnya, dan cara mendeteksi dini penyakit tersebut.

Penyuluhan tentang ISPA oleh Sri Wulan Megawati, S.Kep, Ners, M.Kep
Penyuluhan tentang ISPA oleh Sri Wulan Megawati, S.Kep, Ners, M.Kep ()

Penyuluhan pencegahan dan pengobatan penyakit kardiovaskuler baik ditinjau dari Pengobatan kimia maupun pengobatan secara Herbal. Penyuluhan dilakukan oleh tim ahli dibidangnya yaitu Ibu Vina Juliana Anggraeni, M.Si seorang ahli dari Fakultas Farmasi Bandung.

 

Penyuluhan tentang herbal untuk mencegah penyakit kardiovaskuler Oleh Vina Juliana Anggraeni, M.Si
Penyuluhan tentang herbal untuk mencegah penyakit kardiovaskuler Oleh Vina Juliana Anggraeni, M.Si ()

Penutupan dilakukan oleh ibu Ketua RW dan Pembacaan do’a. Penutupan diakhiri dengan melakukan Foto bersama Warga sebagai peserta dan tim Pengmas dari UBK.
Berikut anggota kelompok pengmas: Ade Tika Herawati, S.Kep, Ners, M.Kep; Sri Wulan Megawati, S.Kep., Ners., M.Kep; Vina Juliana Anggraeni, M.Si; Supriyatni Kartadarma, SKM, MM.Kes; Amelia Kandisa, S.IP., MH; Ni Luh Budi Astuti, S.ST.

Terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UBK yang telah memberikan dana untuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2022.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()
Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()

https://www.instagram.com/p/ClDcox3LZFq/?igshid=MDJmNzVkMjY=

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved