Baznas RI Latih dan Beri Bantuan untuk Kaum Ibu Disabilitas di Sumedang Wirausaha

"Ini merupakan peringatan dua hari besar, yakni 10 Desember hari disabilitas, dan 22 Desember hari ibu. Kaum ibu disabilitas harus berdaya"

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Adityas Annas Azhari
Tribun Jabar/Kiki Andriana
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melatih 20 ibu disabilitas di Sumedang untuk mandiri berwirausaha, Kamis (22/12/2022).  

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia melatih sebanyak 20 orang ibu-ibu disabilitas untuk mandiri berwirausaha. 

Pelatihan tersebut berfokus pada usaha ayam goreng tepung atau fried chicken. Baznas memusatkan pelatihan itu di Baznas Kabupaten Sumedang

"Ini merupakan peringatan dua hari besar, yakni 10 Desember hari disabilitas, dan 22 Desember hari ibu. Kaum ibu disabilitas harus berdaya," kata Rizaludin, perwakilan Baznas RI di Sumedang, Kamis (22/12/2022). 

Baca juga: Bupati Majalengka Terpilih sebagai Kepala Daerah Peduli Baznas

Ayam goreng tepung memang penganan yang familiar di masyarakat. Justru karena itu, keterjualan produk hasil olahan kaum ibu disabilitas ini akan baik. 

"Para penerima pelatihan, pemberian modal, dan pendampingan wirausaha ini adalah 20 orang yang berasal dari seluruh Jawa Barat. Kami sudah melihat Baznas Sumedang berprestasi dalam hal pendampingan disabilitas. Kemudian juga di Kabupaten Sumedang banyak lahir para muzaki dari kaum disabilitas," kata Rizaludin.

Baca juga: Baznas Jabar Berikan Award untuk Daerah yang Berprestasi Membangun Peradaban Zakat di Jabar

Diharapkan, para ibu disabilitas yang kini menjadi mustahiq (penerima hak zakat) di kemudian hari akan lebih berdaya sehingga mampu menjadi muzakki (orang yang mengeluarkan zakat). 

"Ini program nasional yang dinamakan Z Chicken dengan sasaran ibu-ibu disabilitas," ujarnya. 

Ia menjelaskan, program Z Chicken tidak terbatas hanya kepada sektor UMKM, namun masih banyak program lainnya di Baznas RI seperti pesantren disabilitas sampai pada beasiswa bagi disabilitas.

Baca juga: Ajinomoto Gandeng BAZNAS Bantu Korban Bencana Gempa Cianjur

"Untuk satu paket Z Chicken dari mulai gerobak, alat-alat masak, bahan baku, sampai pelatihan dan pendampingan, nilainya Rp 17 juta," ujarnya.

Ia berharap program Z Chicken dari Baznas RI bisa memberikan tambahan pemasukan ekonomi bagi keluarga mustahiq, khususnya para penyandang disabilitas. Terlebih diakuinya potensi yang diharapkan sangat besar sekali. 

Baca juga: Kabar Baik, Lowongan Kerja di Baznas Jabar untuk Fresh Graduate Lulusan S1, Berikut Persyaratannya

"Ini membuktikan bahwa program kami untuk para kaum disabilitas efektif untuk menghasilkan para mustahiq yang bisa membawa perubahan bagi keluarganya, juga perubahan kesadaran terhadap keagamaan," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved