Underwear Rules Dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Di Madrasah Ibtidaiyah Permata Bangsa

Underwear Rules Dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Di Madrasah Ibtidaiyah Permata Bangsa dalam memenuhi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

istimewa
Proses Edukasi Pada Anak Sekolah Kelas 1 -6 tentang kekerasan seksual dengan media dan metode bermain 

TRIBUNJABAR.ID,- Pengabdian Masyarakat merupakan salah salah satu kewajiban dari dosen dalam memenuhi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan Pengabdian masyarakat ini dilakukan secara rutin dalam setiap tahunnya. Pengabdian masyarakat dosen Universitas Bhakti Kencana dilakukan secara berkelompok, salah satunya kelompok 24. Kelompok 24 adalah kelompok Pengabdian Masyarakat terdiri dari Dosen Fakultas Keperawatan, Fakultas Farmasi dan Fakultas Ilmu Kesehatan serta mahasiswa. Kelompok 24 Pengabdian Masyarakat di ketuai oleh Vina Vitniawati, S.Kep.,Ners.,M.Kep yang merupakan dosen Fakultas Keperawatan dan anggotanya Hairani, M.Tr.Keb, Iis Sopiah, SST., M.Keb. Apt.Mia Nisrina Ambar Fatin, M.Farm dan Novitasari Tsamrotul F, S.Kep.,Ners.,M.Kep dari Dosen Fakultas Farmasi dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Kekerasan seksual merupakan perbuatan merendahkan, menghina, melecehkan, dan/atau menyerang tubuh, dan/atau fungsi reproduksi seseorang, karena ketimpangan relasi kuasa dan/atau gender berakibat pada penderitaan psikis dan/atau fisik yang mengganggu kesehatan reproduksi seseorang dan hilang kesempatan melaksanakan pendidikan dengan aman dan optimal. Kejadian kekerasan seksual anak menjadi fenomena yang membutuhkan perhatian bersama karena mempengaruhi segala aspek dalam seperti pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara fisik, emosional maupun psiki. Masa anak- anak merupakan masa terjadinya proses pembentukan kepribadian sehingga ketika anak yang mengalami kekerasan seksual dapat menghasilkan sikap seperti bersikap permisif, depresif, desruktif, agresif atau berperilaku menyimpang.

Underwear Rules adalah sebuah program untuk mengajarkan cara memberikan pendidikan seksual bagi anak usia dini sebagai upaya pencegahan terjadinya kekerasan seksual pada anak. Upaya pencegahan kekerasan seksual baiknya diberikan oleh orang yang terdekat bagi anak yaitu, orang tua dan guru, sehingga. Hal inilah yang melatar belakangi Kelompok 24 melakukan pengabdian masyarakat dengan Judul Underwear Rules Dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual di Madrasah Ibtidaiyah Permata Bangsa.

Proses Edukasi Pada Anak Sekolah Kelas 1 -6 tentang kekerasan seksual dengan media dan metode bermain
Proses Edukasi Pada Anak Sekolah Kelas 1 -6 tentang kekerasan seksual dengan media dan metode bermain 

Kegiatan pengmas dilakukan pada tanggal 24 – 25 November 2022 di MI Ibtidaiyah Permata Bangsa di Cibiru Hilir dengan memberikan edukasi secara berkesinambungan pada anak, orang tua dan guru sebagai upaya dini dalam mencegah kekerasan seksual pada anak. Kegiatan pengmas dilakukan dengan metoda offline dan hybrid. Kegiatan Pengabdian masyarakat ini melibatkan dua mitra yaitu Sekolah MI Permata Bangsa dan Komite Orang tua. Metode pengmas dengan Ceramah dan Diskusi serta metode bermain dengan menggunakan Video dan bernyanyi dilakukan oleh tim saat memberikan edukasi pada anak sehingga lebih mudah di terima oleh anak. Kegiatan Pengmas ini juga menghadirkan seorang Psikolog Linda Widyastuti, S.Psi.,M.Psi yang memberikan materi bagaimana mengenal dampak Kekerasan Seksual pada psikologi anak. Kegiatan Pengmas juga membentuk Tim satgas Kekerasan Sekolah sebagai media dalam menangani Kekerasan Seksual yang terjadi di sekolah.


Pemberian Edukasi pada orang tua siswa tentang dampak kekerasan seksual pada anak oleh Psikolog Linda Widyastuti, S.Psi.,M.Psi
Pemberian Edukasi pada orang tua siswa tentang dampak kekerasan seksual pada anak oleh Psikolog Linda Widyastuti, S.Psi.,M.Psi  

Sekolah dan Komite sangat antusias dengan kegiatan pengmas yang sudah dilakukan dosen Universitas Bhakti Kencana karena kegiatan pengmas yang dilakukan melibatkan anak sekolah, orang tua dan sekolah sehingga informasi yang di berikan dapat dilakukan secara komprehensif sehingga harapanya kekerasan seksual tidak terjadi dan dapat di cegah oleh berbagai pihak.

Terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UBK yang telah memberikan dana untuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2022.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()
Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()

https://www.instagram.com/p/ClDcox3LZFq/?igshid=MDJmNzVkMjY=

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved