Edukasi Terapi Non Farmakologi Saat Anak Demam, Batuk dan Pilek, Hindari Gagal Ginjal Akut Pada Anak

Edukasi Terapi Non Farmakologi Saat Anak Demam, Batuk dan Pilek Ditengah Kekhawatiran Terjadinya Gagal Ginjal Akut Pada Anak

istimewa
Foto Kegiatan Pengadian Masyarakat Dosen Universitas Bhakti Kencana berupa Edukasi Terapi Non Farmakologi Saat Anak Demam, Batuk dan Pilek Ditengah Kekhawatiran Terjadinya Gagal Ginjal Akut Pada Anak. 

TRIBUNJABAR.ID,- Universitas Bhakti Kencana melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Edukasi Terapi Non Farmakologi Saat Anak Demam, Batuk dan Pilek Ditengah Kekhawatiran Terjadinya Gagal Ginjal Akut Pada Anak. Kegiatan tersebut dilaksanakan kolaboratif antara dosen dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Ns. Vivop Marti Lengga, S.Kep., M.Kep dengan melibatkan 5 dosen lainnya yaitu Meti Sulastri, S.ST., M.H.Kes, Ns. Ai Rahmawati, S.Kep., M.Kep., apt. Lia Marliani M.Si, apt. Gilang Fajar Rachadi, M.M dan Ns. Ana Ikhsan Hidayatulloh, S.Kep., M.Kep.

Program Pengadian Kepada Masyrakat Universitas Bhakti Kencana ini diselenggarakan bekerjasama dengan Santosa Hospital Bandung Kopo dan Puskesmas Cibolerang. Adapaun kegiatan dilaksanakan di Posyandu RW 03 Kelurahan Cirangrang. Posyandu RW 03 Kelurahan Cirangrang adalah salah satu posyandu binaan wilayah kerja dari Puskesmas Cibolerang, yang mana posyandu ini cukup aktif dalam melaksanakan kegiatan rutin posyandu dilingkungannya.

Salah satu penyakit yang saat ini sedang hangat menjadi isu kesehatan bagi anak adalah Penyakit Gagal Ginjal Akut, yang mana salah satu penyebabnya diduga dari cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang terdapat pada obat sediaan syrup. Berkaitan dengan hal tersebut, Universitas Bhakti Kencana berupaya mengurangi kecemasan orang tua dengan memberikan edukasi terapi non farmakologi yang dapat dijadikan pilihan terapi alternatif dalam penanganan kasus demam, batuk dan pilek pada anak.

Praktek pembuatan ramuan herbal untuk mengatasi batuk oleh apt. Lia Marliani, M.Si dan pemaparan materi terapi non farmakologi saat anak batuk, pilek dan demam oleh Ns. Vivop Marti Lengga, S.Kep., M.Kep.
Praktek pembuatan ramuan herbal untuk mengatasi batuk oleh apt. Lia Marliani, M.Si dan pemaparan materi terapi non farmakologi saat anak batuk, pilek dan demam oleh Ns. Vivop Marti Lengga, S.Kep., M.Kep. 

Kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat dari perwakilan puskesmas cibolerang yang dihadiri oleh Ibu Mega selaku Penanggung Jawab Promosi Kesehatan UPTD Puskesmas Cibolerang dan Ibu Elly selaku coordinator kader posyandu RW 03. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 November 2022, dimulai pada pukul 09.00-12.00 WIB. Diawali dengan pembukaan oleh MC (Master of Ceremony) dari tim Universitas Bhakti Kencana, dilanjutkan dengan sambutan dari masing-masing perwakilan instansi yaitu Sambutan dari Puskesmas Cibolerang dan SantosaHospital Bandung Kopo. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pre test yang dibagikan dalam bentuk lembaran soal kepada masyarakat/audiens yang hadir dalam kegiatan posyandu dengan tujuan untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman masyarakat seputar materi yang akan disampaikan.

Kegiatan Pengabdian masyarakat dilanjutkan dengan rangkaian pemaparan materi edukasi yaitu “Penyebab Gagal Ginjal Akut yang Saat Ini Sedang Meningkat” yang disampaikan oleh apt. Gilang Fajar Rachadi, M.M , dilanjutkan dengan materi edukasi “Terapi Non-Farmakologi dalam menghadapi anak Demam, BAtuk dan Pilek” yang disampaikan oleh Ns. Vivop Lengga Marti, S.Kep., M.Kep. Selain materi yang disampaikan dari Tim Dosen Universitas Bhakti Kencana, materi juga disampaikan oleh Ibu Dewi Arum, S.Tr.Kes selaku perwakilan Tim Promosi Kesehatan Santosa Hospital Bandung Kopo dengan menyampaikan materi berupa” Pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Tatanan Rumah Tangga untuk Tingkatkan Derajat Kesehatan di Masyarakat” serta penyampaian materi tentang cara cuci tangan yang baik dan benar sesuai standar.

Acara edukasi ditutup dengan penyampaian praktek pembuatan obat herbal oleh apt. Lia MArliani, M.Si yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk dan membuat apotek hidup dengan memberikan bantuan tanaman herbal kepada kader posyandu rw 03. Seluruh kegiatan diikuti oleh masyrakat dengan antusias.

 

Antusiasme Warga dalam pelaksanaan Pengabdian Masyrakat Universitas Bhakti Kencana
Antusiasme Warga dalam pelaksanaan Pengabdian Masyrakat Universitas Bhakti Kencana 

Kecemasan masyrakat dan dilemma penggunaan obat sirup dalam menangani keluhan demam, batuk, dan pilek pada anak ditengah kekhawatiran terjadinya Gagal Ginjal AKut dapat diturunkan jika masyarakat memahami penanganan yang tepat selain penggunaan obat sirup. Edukasi kepada masyrakat mengenai penyebab terjadinya gagal ginjal akut pada saat ini, edukasi terapi non-farmakologi saat anak demam, batuk dan pilek, pentingnya pola hidup bersih dan sehat dengan melakukan cuci tangan yang benar serta pemanfaatan tanaman herbal sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan dan menghilangkan kekhawatiran di masyrakat.

Pemberdayaan Kesehatan bagi Masyarakat adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat dan dapat meningkatkan pengetahuannya terkait upaya-upaya kesehatan yang dilakukan secara mandiri. Salah satu kegiatan pemberdayaan kesehatan bagi masyarakat dapat dilakukan di Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu, dimana posyandu ini merupakan tempat kegiatan di masyarakat yang memiliki peran sangat penting yaitu membantu pelayanan kesehatan kepada masyarakat baik secara preventif maupun promotif. Posyandu juga mampu memberdayakan para ibu untuk memperhatikan kesehatan anak dan pola konsumsi keluarga.

Kegiatan ini ditutup dengan pelaksanaan post-test untuk mengukur pemahaman materi yang disampaikan, penyerahan sertifikat untuk para narasumber dan palakat untuk para instansi sebagai salah satu apresiasi yang diberikan untuk terlaksananya program implementasi program promosi kesehatan dalam pengabdian masyarakat di posyandu serta foto bersama dengan seluruh narasumber, kader dan masyarakat.

Foto bersama perwakilan Perwakilan Puskesmas Cibolerang dan Kader Posyandu RW 03 dan Penyerahan Tanaman Obat
Foto bersama perwakilan Perwakilan Puskesmas Cibolerang dan Kader Posyandu RW 03 dan Penyerahan Tanaman Obat 

Terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UBK yang telah memberikan dana untuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2022.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()
Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()

https://www.instagram.com/p/ClDcox3LZFq/?igshid=MDJmNzVkMjY=

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved