Sandiaga Uno Kembali Tegaskan Kesiapannya Maju, Entah Jadi Cawapres atau Capres 2024, kata Pengamat

Adi menegaskan Gerindra memang telah memutuskan Prabowo Subianto sebagai capres harga mati.

Editor: Ravianto
Istimewa
Menparekraft Sandiaga Uno di Kampus UPI Bandung, Senin (18/10/2021). Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan kesiapannya untuk berkontestasi pada pemilihan presiden (pilpres) 2024. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno kembali menyatakan siap sebagai calon presiden (capres) 2024 di hadapan kader Partai Persatuan Pembagunan (PPP) di Madura, Minggu (18/12/2022).

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai pernyataan tersebut menunjukkan keseriusan Sandi maju dalam Pilpres mendatang.

"Itu artinya Sandi siap maju di Pilpres 2024 entah sebagai capres ataupun sebagai cawapres," kata Adi kepada Tribunnews.com, Senin (19/12/2022).

Adi menegaskan Gerindra memang telah memutuskan Prabowo Subianto sebagai capres harga mati.

"Tetapi sepertinya Sandi mencoba untuk mentarik partai politik lain untuk bisa mengusung dirinya untuk bisa maju," ujarnya.

"Makanya ketika Sandi berbicara tentang pencapresan pasti bukan di depan kader Gerindra, pasti di depan kader partai yang lain seperti di PPP," sambung Adi.

Di sisi lain, Adi menerangkan elite Gerindra tampak tak bereaksi terkait pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno itu.

"Bahkan terkesan sandi didiamkan, tidak mendapatkan respons apapun terkait dengan pencapresannya," ucapnya.

Lebih lanjut, Adi menjelaskan semestinya Gerindra memprotes pernyataan Sandi bila mengganggu soliditas partai.

"Mestinya kalau memang pernyataan Sandi yang siap maju untuk 2024 itu mengganggu konstelasi mengganggu soliditas dan mengganggu fokus kerja-kerja Gerindra mestinya Sandi diprotes keras menghentikan wacana-wacana tentang kesiapannya maju di 2024," imbuhnya.

Pernyataan Sandiaga

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan kesiapannya untuk berkontestasi pada pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Kesiapannya itu juga mengingat pengalaman yang pernah mengikuti Pilpres di periode sebelumnya di 2019.

"Saya alumni dari kontestasi sebelumnya, saya siap bila diamanahi untuk berjuang kembali," kata Sandiaga Uno, kepada wartawan di Cilodong, Depok, dikutip Kamis (8/12).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved