Perubahan Perilaku Hidup Sehat : Upaya Cegah Diri dari Bahaya Narkoba

Pengabdian Masyarakat oleh Universitas Bhakti Kencana Kelompok 4 dengan judul "Perubahan Perilaku Hidup Sehat: Upaya Cegah Diri dari Bahaya Narkoba”

dok. UBK
Pengabdian Masyarakat oleh Universitas Bhakti Kencana Kelompok 4 dengan judul "Perubahan Perilaku Hidup Sehat: Upaya Cegah Diri dari Bahaya Narkoba” 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas Bhakti Kencana dan dilaksanakan oleh tim dosen Universitas Bhakti Kencana yang tergabung dalam satu kelompok yaitu Kelompok 4 Pengabdian Masyarakat dengan judul "Perubahan Perilaku Hidup Sehat: Upaya Cegah Diri dari Bahaya Narkoba”. Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari yaitu pada hari Rabu (30 November 2022), Kamis (1 Desember 2022), serta hari Jumat (2 Desember 2022) yang bertempat di SMAN 4 Cimahi.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan oleh 5 Dosen Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Linda Widyastuti, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Bidang Keahlian Psikologi), disertai anggota kelompok yaitu apt. Ika Kurnia Sukmawati, M.Si (Bidang Keahlian Farmasi), Denni Fransiska Helena M, S.Kp., M.Kep (Bidang Keahlian Keperawatan), Karimah, S.ST., M.Tr.Keb (Bidang Keahlian Kebidanan), Melysa, S.ST (Bidang Keahlian Kebidanan). Kegiatan inipun mengundang seorang narasumber yang berasal dari pihak puskesmas Leuwigajah yaitu Ibu Ade Irna Septiani, Amd. Keb, sementara para siswa/siswi SMAN 4 Cimahi yang menjadi peserta dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan, lalu dilanjutkan dengan pemberian ice breaking, serta pengisian kuisioner pretest oleh siswa. Pemaparan materi oleh narasumber menjadi hal yang menarik dalam kegiatan ini.

Pemaparan Materi oleh Narasumber
Pemaparan Materi oleh Narasumber (dok. UBK)

Narasumber pertama yaitu Ibu apt. Ika Kurnia Sukmawati, M.Si yang menjelaskan mengenai “Penggolongan Obat”. Dalam pemaparannya, Ibu Ika menjelaskan penggolongan obat yang diantaranya terdapat obat bebas yaitu obat yang boleh digunakan tanpa resep dokter. Dilanjutkan dengan obat bebas terbatas yaitu obat yang relatif aman selama pemakaiannya mengikuti aturan pakai yang ada, serta adanya obat narkotika yang merupakan obat paling berbahaya karena dapat menimbulkan adiksi (ketergantungan). Obat ini hanya dapat diperoleh dengan resep dokter, karena dianggap berbahaya, sehingga dalam peredaran, produksi dan pemakaiannya narkotika (opium, coca, ganja/marijuana, morfin, heroin, dll) tersebut diawasi secara ketat.

Lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber kedua yaitu Ibu Karimah, SST., M.Tr.Keb dan Ibu Melysa, S.ST yang memaparkan materi tentang “Dampak Narkoba bagi Kesehatan Reproduksi”. Dampak narkoba bagi kesehatan reproduksi wanita diantaranya yaitu kerusakan secara permanen pada sel telur dimana hampir seluruh obat narkoba memiliki potensi mengganggu kesuburan perempuan dan menghambat kehamilan. Narkoba jenis kokain yang bisa menghambat ovulasi sehingga mengganggu sirkulasi hormonal dan membuat menstruasi tidak teratur serta perlahan-lahan merusak sel telur menuju rahim. Dampak narkoba lainnya pada organ reproduksi pria diantaranya yaitu penurunan kualitas sperma. Jenis ekstasi dan kokain menurunkan jumlah sperma lebih banyak lagi yakni mencapai 55 persen, sementara narkoba jenis heroin menyebabkan dorongan seksual menurun dan disfungsi ereksi.

Narasumber ketiga yaitu Ibu Denni Fransiska Helena M, S.Kp., M.Kep., memaparkan mengenai “Aktifitas Hidup Sehat untuk Remaja”. Dalam pemaparannya, Ibu Denni menjelaskan bahwa ada beberapa pola hidup sehat yang harus diterapkan di usia remaja yaitu mengatur makanan dan pola makan, menjaga kesehatan pribadi, mengatur istirahat serta olahraga yang teratur. Ia juga memaparkan mengenai strategi pemberdayaan diri untuk remaja yaitu membangun mindset sehat dengan memperkaya wawasan dengan pola hidup sehat, melakukan banyak aktifitas fisik dan gerak, mengembangkan pengetahuan salah satu contohnya adalah menambah wawasan tentang beragam bahaya narkoba, serta meningkatkan hubungan sosial yang efektif dan bermakna.

Acara ditutup dengan penyampaian materi oleh Ibu Linda Widyastuti, S.Psi., M.Psi., Psikolog yang memaparkan mengenai “Langkah Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat: Upaya Cegah Diri dari Bahaya Narkoba”. Ia menjelaskan mengenai dampak penyalahgunaan narkoba diantaranya terdapat dampak hukum, dampak fisik dan dampak psikologis. Dampak psikologis diantaranya seperti menurunnya kualitas hidup yaitu penurunan performa diri, relasi yang kurang harmonis dengan keluarga serta selalu merasa kurang puas pada diri sendiri. Dipaparkan pula langkah utama dalam membina diri menjadi pribadi yang berperilaku hidup bersih dan sehat bebas narkoba diantaranya yaitu menjaga diri sendiri serta teman dekat dengan mengadakan dan mengembangkan kegiatan perkumpulan “anti narkoba”, serta marih kebahagiaan diri melalui pertemanan yang sehat. Setelah penyampaian materi selesai, dilanjut dengan pengisian kuesioner posttest oleh siswa/siswi SMAN 4 Cimahi.

Penyerahan X-Banner secara simbolis kepada OSIS SMAN 4 Cimahi
Penyerahan X-Banner secara simbolis kepada OSIS SMAN 4 Cimahi ()

Dihari berikutnya, tim dosen Universitas Bhakti Kecana melakukan kaderisasi dengan organisasi kesiswaan OSIS SMAN 4 Cimahi dengan penyerahan simbolis X-Banner berisi informasi cegah diri dari bahaya narkoba.

Penyerahan Plakat secara simbolis kepada Pihak SMAN 4 Cimahi
Penyerahan Plakat secara simbolis kepada Pihak SMAN 4 Cimahi (dok. UBK)

Lalu dilanjutkan dengan pemberian penghargaan berupa plakat kepada pihak SMAN 4 Cimahi dan juga kepada pihak Puskesmas Leuwigajah yang telah mengizinkan diselenggarakannya kegiatan pengabdian masyarat ini.
Terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UBK yang telah memberikan dana untuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2022.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana 
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved