Membangun Sikap Tanggap Gawat Darurat Kader Saka Bakti Husada (SBH) dan Kader Posyandu Remaja

Kegawatdaruratan merupakan situasi yang dapat mengancam nyawa yang harus dilakukan penanganan segera untuk mencegah terjadinya kecacatan hingga kemati

Istimewa
Kader Posyandu Remaja, Bersama Kepala Puskesmas Panyileukan 

Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bhakti Kencana

TRIBUNJABAR.ID, Kegawatdaruratan merupakan situasi yang dapat mengancam nyawa yang harus dilakukan penanganan segera untuk mencegah terjadinya kecacatan hingga kematian. Kondisi gawat darurat dapat terjadi secara tiba-tiba tidak hanya pada saat kecelakaan saja, bisa terjadi ketika bencana, pandemi dan situasi tidak terduga lainnya.

Karena sifatnya yang mendadak, keadaan darurat bisa terjadi kapan saja dan dimana saja seperti di tengah lingkungan masyarakat sehingga keterampilan pertolongan pertama pada keadaan gawat darurat sangat penting dimiliki oleh masyarakat umum atau orang awam.

Gambar 2 Simulasi Pelatihan Bantuan Hidup Dasar
Simulasi Pelatihan Bantuan Hidup Dasar dan Pertolongan Pertama Pada Kondisi Kegawatdaruratan

Usia remaja memiliki potensi yang tinggi serta pencapaian perkembangan yang pesat pada kemampuan berpikir mengenai peran baru dimasyarakat. Melihat dari karaktersitik tersebut diharapkan remaja memiliki kesadaran yang tinggi untuk melakukan kesiapsiagaan dan tanggap akan ancaman keadaan gawat darurat hingga kematian.

Oleh karena itu perlu adanya pelatihan secara khusus mengenai pertolongan pertama pada kegawadaruratan khususnya pada remaja. Hal inilah yang menjadi latar belakang Dosen Universitas Bhakti Kencana yang dipimpin oleh Nur Intan Hayati Husnul Khotimah, M.Kep dengan tim dosen lainnya yaitu Tuti Masitoh, M.Pd; apt. Dra. Ni Nyoman Sri Mas Hartini, MAB; Nova Riani, S.Kep.,M.Sc; Mamay Maulana Sobandi, S.Pd.,M.M; Dr. apt. Dadang Juanda, M.Si dan diikuti oleh 10 anggota tim kesehatan FAMERTA Universitas Bhakti Kencana.

Gambar 3 Simulasi tehnik pengukuran tekanan darah dan Pemeriksaan Screening PTM
Simulasi tehnik pengukuran tekanan darah dan Pemeriksaan Screening PTM

Pengabdian masyarakat ini memperoleh pendanaan dari hibah pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bhakti Kencana. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilaksanakan di wilayah binaan Puskesmas Panyileukan dengan mitra posyandu remaja Puskesmas Panyileukan.

Adapun tema Pengabdian Masyarakat “Membangun Sikap Tanggap Gawat Darurat Kader Saka Bakti Husada (SBK) dan Posyandu Remaja dengan Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kondisi Kegawatdaruratan”.

Pelaksanan kegiatan dilakukan pada bulan November hingga Desember 2022. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu remaja dan SBH dalam mengelola pertolongan pertama dalam keadaan gawat darurat seharihari, serta memahami peranan penting peran remaja dalam penanganan kegawatdaruratan.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan dengan rangkaian kegiatan yang dilakukan terdiri dari 1) Sosialisasi, 2) Pembentukan kader remaja tanggap darurat, 3) Penyuluhan kesehatan tentang penyakit tidak menular, 4) Simulasi pengukuran tekanan darah 5) Pelatihan dan simulasi Pertolongan Pertama Pada Kondisi Kegawatdaruratan.

Peserta kader posyandu remaja dan SBH sangat antusias mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini, mereka juga dapat memahami konsep dari penyakit tidak menular, proses pengelolaan pertolongan pertama pada kasus kegawatdaruratan dan mereka juga dapat mempraktikan tindakan Pertolongan Pertama Pada Kondisi Kegawatdaruratan, melakukan bantuan hidup dasar, mengukur tekanan darah secara mandiri.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini juga, tim melakukan evaluasi tingkat pengetahuan melalui uji pretest dan posttest dari setiap edukasi yang telah dilakukan untuk mengukur sejauh mana pemahaman remaja terhadap informasi yang diberikan.

Kepala Puskesmas Panyileukan drg. Erna Kurniawati menyatakan dengan diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan diperoleh kader posyandu remaja dan SBH yang tanggap terhadap kondisi gawat darurat, serta pembekalan informasi dan pelatihan dapat menumbuhkan sikap proaktif dari individu atau kelompok remaja dalam penanggulangan kegawatdarutan di masyarakat dan menstimulasi kegiatan tanggap darurat yang berlangsung secara terus menerus, harapannya kedepan kegiatan ini dapat dilakukan dengan mitra warga lingkungan RW di wilayah binaan Puskesmas Panyileukan.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()

Terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UBK yang telah memberikan dana untuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2022.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()

https://www.instagram.com/p/ClDcox3LZFq/?igshid=MDJmNzVkMjY=

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved