Pembukaan Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3

Dari Buahbatu ke Sumedang Hanya 40 Menit, Kalau dari Buahbatu ke Dago Malah Bisa 2 Jam

PHRI hingga hari ini mencatat booking hotel mencapai 40 persen, dan diprediksi akan terus meningkat seiring dengan kemudahan akses lalu lintas

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Adityas Annas Azhari
Tribun Jabar/Kiki Andriana
Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumedang, Nana Mulyana di Kampung Karuhun, Citengah, Sumedang Selatan, Jumat (16/12/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Dibukanya Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 untuk menyambut liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 disambut gembira pengelola hotel dan tempat wisata di Sumedang. 

Dengan tol itu, waktu tempuh wisatawan dari Bandung ke Sumedang menjadi lebih singkat, tidak seperti dahulu kala ketika semua pengemudi haru melintasi Cadas Pangeran

"Mengemudi dari gerbang tol Buahbatu ke Sumedang hanya 40 menit. Coba kalau dari Buahbatu ke Dago, malah bisa 1,5 sampai 2 jam," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumedang, Nana Mulyana, Jumat (16/12/2022). 

Hujan ringan mengiringi kendaraan-kendaraan pertama yang melintas Tol Cisumdawu Seksi 2-3, Pamulihan-Sumedang-Cimalaka, Kamis (15/12/2022).
Hujan ringan mengiringi kendaraan-kendaraan pertama yang melintas Tol Cisumdawu Seksi 2-3, Pamulihan-Sumedang-Cimalaka, Kamis (15/12/2022). (kiki andriana/tribun jabar)

Dia menjelaskan dibukanya tol yang meghubungkan Cileunyi-Sumedang-Cimalaka ini adalah harapan besar bagi pengusaha hotel, restoran, dan tempat wisata di Sumedang. 

"Kami prediksi pula hotel merangkak naik okupansinya," kata Nana di tempat wisata miliknya, Kampung Karuhun.

PHRI hingga hari ini mencatat booking hotel mencapai 40 persen, dan diprediksi akan terus meningkat seiring dengan kemudahan akses lalu lintas. 

"Saya optimistis bisa 80-90 persen okupansi," katanya. 

Di Kampung Karuhun sendiri, orang-orang sudah booking untuk berliburan tahun baru. Mereka adalah wisatawan dari Bandung, Jakarta, Bekasi, Bogor, dan sekitar Pantai Utara (Pantura) Jabar yang memutuskan berlibur di Sumedang dengan cara menginap di Kampung Karuhun

"Ini harus jadi awal kebangkitan wisata di Sumedang," katanya. (*)

Silakan baca berita-berita Tribunjabar.id lainnya di Google News

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved