Tembok Penahan Tanah di Pamulihan Sumedang Ambrol Timpa Dua Rumah Sampai Hancur

Danramil Tanjungsari, Kapten Agus Hermawan mengatakan TPT itu panjangnya 12 meter dengan tinggi 3 meter. Di atas TPT itu ada rumah milik Gugun (35). 

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Ravianto
Istw/ Dok Koramil Tanjungsari
tembok penahan tanah (TPT) di Dusun Citali RT02/RW08 Desa Ciptasari, Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat ambrol dan menimpa dua unit rumah, Kamis (15/12/2022) sore. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Kiki Andriana dari Sumedang

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Sebuah tembok penahan tanah (TPT) di Dusun Citali RT02/RW08 Desa Ciptasari, Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat ambrol dan menimpa dua unit rumah, Kamis (15/12/2022) sekitar pukul 17.00 WIB. 

Danramil Tanjungsari, Kapten Agus Hermawan mengatakan TPT itu panjangnya 12 meter dengan tinggi 3 meter. Di atas TPT itu ada rumah milik Gugun (35). 

Tepat di bawah TPT ada rumah rumah panggung berukuran 4x6 milik Engkos yang dikontrak oleh Darsono (53). Di rumah panggung itu, Darsono tinggal bersama anaknya, Diki Sudrajat (22). 

"Hujan deras terjadi di wilayah Tanjungsari. Saat hujan mulai mereda, terjadilah bencana itu, TPT roboh dan menimpa rumah yang ditempati Darsono. Rumah itu hancur," kata Kapten Agus Hermawan yang telah meninjau ke lokasi, Kamis malam. 

Danramil menjelaskan, TPT ambrol itu diawali dengan gemuruh sebagaimana sesuatu roboh. Gemuruh itu didengar Gugun yang ketika itu sedang melaksanakan salat ashar di rumah. 

"Usai salat dia lihat sumber suara tadi, ternyata TPT sudah roboh," kata Agus. 

Saksi lain peristiwa itu adalah Diki, anak Darsono yang baru saja masuk ke dalam rumah sepulang bekerja sebagai buruh. 

"Darsono tidak di rumah. Diki yang baru pulang dari tempat kerja masuk ke dalam rumah. Karena terdengar gemuruh Diki langsung ke luar rumah dan setelah keluar, tiba-tiba dia melihat TPT ambrol dan menimpa rumah yang ditempatinya," katanya. 

Danramil memerinci, selain rumah panggung yang ambruk akibat tertimpa TPT ambrol, ada satu rumah permanen mengalami kerusakan di bagian toilet ukuran 1,5 meter x 2 meter, milik Wiwi (42).

"Akibat dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun hanya kerugian materi kurang lebih Rp120 juta," kata Danramil.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved