Siap Hadapi Tantangan Ekonomi 2023? Siapa takut! Berikut Tips Ala Coach Rendi

Coach Rendi melakukan branding dirinya sebagai seorang Coach Business dan Konsultan Kewirausahaan serta Karir

istimewa
Coach Rendi seorang Coach Business dan Konsultan Kewirausahaan serta Karir 

JAKARTA – Tahun 2023 di Prediksi banyak pihak akan menjadi tahun yang gelap atau tahun yang masih penuh dengan tantangan, hal ini masih hasil dari akibat beberapa faktor seperti Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini statusnya masih belum berubah menjadi Endemi, Distrupsi Ekonomi, Distrupsi Teknologi, Perang antara Rusia dan Ukraina dan banyak faktor lainnya. Namun tidak sedikit yang beranggapan bahwa Indonesia menjadi salah satu Negara yang lepas dari berbagai tantangan yang akan muncul di tahun 2023 mendatang karena kebijakan dan kesiapan Indonesia dirasa sudah cukup baik.

Walaupun begitu kita tetap harus bersiap dalam menghadapi berbagai tantangan yang mungkin akan dating kepada diri kita di Tahun 2023 baik tantangan dari sisi Ekonomi, Sosial, Karir dan tantangan lainnya. Dalam beberapa bulan diakhir tahun 2022 saja sudah banyak sekali Perusahaan Rintisan (Start-up) yang mengumumkan bahwa mereka dengan terpaksa harus merumahkan karyawannya karena berbagai alasan.

Untuk itu tidak ada salahnya kita selalu menyiapkan diri kita dalam mengahadapi berbagai tantangan, kemungkinan, dan kondisi yang tidak terduga dengan cara yang disampaikan oleh Coach Rendi berikut :

1. Fokus Tekuni Satu Bidang Tertentu

Ketika kita ingin cepat berkembang dan cepat memahami seluk beluk sesuatu hal mulai dari hulu hingga hilir suatu proses coba fokuskan diri dalam satu bidang tertentu sehingga dalam perjalanan nya kita bisa maksimal dalam melakukan pekerjaan baik secara formal maupun secara informal. Sehingga nantinya kita bisa benar benar dipercaya sebagai Expert dibidang tersebut oleh berbagai pihak.

Hal tersebut memang tidak mudah dan tidak instan karena dalam mendalami suati hal mulai dari hulu hingga hilir, mulai dari inpu hingga output butuh banyak hal yang di pelajari mulai dari aspek Ekonomi, Sosial, Hukum, Keberlanjutan dari bidang tersebut. Butuh banyak sekali berdiskusi dan bertukar sudut pandang dengan berbagai pihak, mulai dari Pemerintahan, Swasta/Industri, Organisasi/Asosiasi dan pihak pihak lainnya sehingga kita bisa mendapatkan berbagai sudut pandang dalam bidang tersebut.

2. Perbanyak Investasi Leher ke Atas
Berani dan perbanyak Investasi Leher ke Atas menjadi salah satu kunci karena saat ini seperti diketahui bersama tingkat persaingan dunia kerja di Indonesia semakin besar sehingga peluang untuk mendapatkan kerja ataupun project semakin kecil. Pemilik usaha baik dunia usaha atau dunia industri akan semakin selektif dalam memilih SDM yang akan membantu usaha nya untuk terus bertahan, tumbuh dan berkembang.

Tidak sedikit perusahaan yang melihat calon SDM sudah tidak lagi dari lulusan bidang atau jurusan apa dan dari lulusan Perguruan Tinggi/Instansi mana tapi mereka melihat SDM dari Pengalaman, Skill, dan Expertis diri SDM tersebut.

3. Memiliki Lebih dari Satu Sumber Pemasukan Diri
Miliki lebih dari satu sumber pemasukan diri. Gimana caranya? Ada 3 cara yang cukup relevan di aplikasikan disaat ini. Pertama sebagai Karyawan di sebuah Perusahaan. Dengan sebagai karyawan kita akan mendapatkan income bulanan uang bisa dikatakan stabil. Kedua adalah dengan menjalankan aktivitas usaha, dengan menjalankan aktivitas usaha kita bisa memiliki sumber income yang bersifat cadangan atau tambahan. Dan yang ketiga adalah sebagai seorang Profesional dibidang tertentu. Karir Profesional ini memang tidak setiap saat bisa dilakukan atau menghasilkan namun hal ini bisa menjadi cadangan atau tambahan tabungan untuk keuangan diri.

4. Management Diri dan Management Waktu
Melakukan tiga aktivitas yang berbeda bagaimana cara mengaturnya? Melakukan management diri dan Management waktu menjadi solusi atau jawaban untuk melakukan tiga aktivitas tersebut. Buatlah perencanaan dengan matang dan detail, buatlah perencanaan operasional yang efektif dan efisien, buatlah sistem/aturan/pedoman bagi diri sendiri yang akan memudahkan dan membantu segala aktivitas yang kita lakukan.

5. Branding Diri dan Kolaborasi
Dan yang terakhir adalah bangun portofolio diri atau branding diri dan perbanyak Kolaborasi. Portofolio diri atau branding diri itu sangat penting. Susun perencanaan branding diri dengan serius dan matang sehingga kita memiliki penamaan atas diri kita missal Coach Rendi melakukan branding dirinya sebagai seorang Coach Business dan Konsultan Kewirausahaan serta Karir. Jangan pernah merasa takut atau minder atau dalam mempublikasikan karya, kemamapuan dan kekuatan diri kita. Karena dunia usaha dan dunia Industri akan mencari SDM SDM yang memiliki portofolio dan branding diri yang kuat dan Konsisten. Dan selanjutnya adalah kolaborasi dimana kolaborasi menjadi kunci utama dalam menjalankan banyak hal, ketika melakukan kolaborasi siapkan dahulu apa yang mau dikolaborasikan jangan sekedar mengajak berkolaborasi.

Coach Rendi sendiri sedang dan telah menjalankan dan mengembangkan itu semua. Saat ini Coach Rendi memiliki 3 profesi, pertama sebagai Karyawan Kepala Inkubator Bisnis, kedua sebagai seorang pelaku usaha dan ketiga sebagai Profesional Pendamping, Trainer, Narasumber, Konsultan Kewirasuahaan, UMKM dan Karir.

Coach Rendi terbuka dengan berbagai kesempatan untuk diskusi, kolaborasi dan bermitra. Ayo Siapkan diri menghadapi Tahun 2023 dengan berbagai bekal dan potensi yang diri kita miliki.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved