Breaking News:

Disdagin Bandung Bagikan 220 Sertifikat Halal dan Uji Mutu kepada Pengusaha Kuliner

Disdagin Kota Bandung membagikan 220 sertifikat halal dan sertifikat uji mutu secara gratis kepada pelaku industri kecil menengah (IKM).

Penulis: Tiah SM | Editor: Giri
Tribun Jabar/Isal Mawardi
Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah. Disdagin Kota Bandung membagikan 220 sertifikat halal dan sertifikat uji mutu secara gratis kepada pelaku industri kecil menengah (IKM). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung membagikan 220 sertifikat halal dan sertifikat uji mutu secara gratis kepada pelaku industri kecil menengah (IKM).

Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah, berharap dengan sertifikat yang dimiliki dapat meningkatkan daya saing produk IKM. 

"Kami telah menyerahkan sertifikat halal kepada 100 pelaku IKM dan sertifikat uji mutu kepada 120 pelaku IKM Kota Bandung gratis tanpa ada pungutan," ujar Elly di sela-sela acara penyerahan sertifikat di Hotel Savoy Homan, Bandung, Selasa (6/12/2022). 

Menurut Elly, dengan memiliki sertifikat halal dan uji mutu, selain dapat meningkatkan daya saing produk IKM juga produk-produk yang tersertifikasi sudah dipastikan memenuhi standar yang ditetapkan.

"Tujuannya dalam rangka daya saing produk dan memberikan kepercayaan kepada konsumen serta pemulihan dalam upaya pemulihan ekonomi pascapandemi," ujarnya. 

Elly mengatakan, proses pelaku IKM mendapat sertifikat mencapai tiga bulan karena harus melalui kurasi oleh tim disdagin saat mendaftar dengan menunjukkan produknya. 

"Proses mulai pendaftaran kurang lebih tiga bulan sampai keluar sertifikat," katanya. 

Elly mengatakan program sertifikasi halal dan uji mutu kepada pelaku IKM diberikan secara gratis menggunakan APBD Kota Bandung

Syarat untuk mendapat sertifikat halal dan uji adalah pelaku IKM dengan domisili Kota Bandung dan KTP Kota Bandung serta mempunyai nomor induk berusaha. 

Menurut Elly, program sertifikasi halal sudah berlangsung sejak 2017, sedangkan sertifikasi uji mutu sudah berlangsung tiga tahun terakhir.
 

Pada 2023, pihaknya akan mengalokasikan kuota 200 pelaku IKM yang ingin mendapatkan sertifikasi halal dan uji mutu 100 orang. 

Dia mengatakan, jika pelaku IKM mengakses program sertifikat halal dan uji mutu secara mandiri maka diperkirakan biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 4,5 juta.

Setelah mendapatkan sertifikat halal dan uji mutu, Elly mengimbau toko swalayan di Kota Bandung bisa memasarkan produk-produk lokal.

Terdapat beberapa produk yang sudah dipasarkan di pasar tradisional. 

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved