Anggota DPRD Jabar H Kasan Basari Dorong Pemerintah Lakukan Pemukiman Pasca Gempa Cianjur

Anggota DPRD Jabar Fraksi Gerindra H Kasan Basari Dorong Pemerintah Lakukan Pemukiman Pasca Gempa Cianjur

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Siti Fatimah
istimewa
Anggota DPRD Jabar, Fraksi Gerindra H Kasan Basari 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur tak hanya berdampak kerusakan rumah dan infrastruktur saja, tapi psikologis dan tatanan kehidupan para korbannya. 

Hal itu diungkapkan Anggota DPRD Jabar, Fraksi Gerindra H Kasan Basari, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (10/12/2022). 

"Semua komponen yang ada harus bergerak, kami pun kemarin sempat melihat ke sana, banyak sudah bergerak dari daerah lain, mereka sangat antusias bergerak bersama untuk menantu para korban atas musibah yang terjadi di Cianjur," ujar H Kasan Basari

Menurutnya, dampak yang ditimbulkan akibat gempa bumi ti Kabupaten Cianjur sangat parah.

Banyak warga kehilangan anggota keluarga, tempat tinggal dan pekerjaan. 

"Kami melihat di Cianjur ini kerusakannya relatif parah, dalam hal ini tentunya kami yang mempunyai tanggung jawab moral terhadap masyarakat, maka kami yang mendorong kepada pemerintah agar tidak tanggung dalam melakukan tanggap darurat bencana," katanya. 

Dalam tanggap bencana, kata dia, tak perlu melihat dari sisi pagu anggaran, karena dalam kedaruratan itu, kata Kasan Basari, UU memperbolehkan melakukan pergeseran apabila diperlukan.

"Kami amat sangat mendorong pemerintah Jabar untuk segera ambil langkah dan tindakan secara serius, karena ini bencana levelnya serius. Saya lihat banyak juga dari daerah Kota/Kabupaten dan Provinsi lain juga peduli," ucapnya.

Selain melakukan perbaikan infrastruktur, kata dia, Pemerintah juga harus memperhatikan dampak psikologis para korban. 

"Tindakan pasca bencana ini kepada masyarakat yang terdampak, harus dipikirkan bagaimana kondisi psikologisnya, rumahnya dan bagaimana tatanan kehidupan kedepannya, pemerintah harus segera ambil sikap dan kebijakan agar masyarakat tidak terlalu berat terbebani," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved