Jelang Pemilu 2024, Ormas Sayap Partai di Bandung Barat Mulai Diverifikasi

Organisasi kemasyarakatan (ormas) yang menjadi sayap partai politik (parpol) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai diverifikasi.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Giri
Tribunnews
Ilustrasi pemilu - Organisasi kemasyarakatan (ormas) yang menjadi sayap partai politik (parpol) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai diverifikasi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Organisasi kemasyarakatan (ormas) yang menjadi sayap partai politik (parpol) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai diverifikasi.

Verifikasi dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) KBB karena ormas yang menjadi sayap partai akan tercatat pada struktur keanggotaannya di parpol yang bersangkutan. 

Kepala Bakesbangpol KBB, Soeryaman Effendy, mengatakan, dalam melakukan verifikasi tersebut pihaknya sudah mengirimkan surat pada seluruh partai karena sayap partai itu cukup berpengaruh untuk mengembangkan raihan suara partai politik.

"Terlebih tahun 2024 akan memasuki tahapan Pemilu serentak dan merupakan saat yang tepat untuk memanaskan mesin politik," ujar Soeryaman di Perkantoran Pemda KBB, Jumat (9/12/2022).

Dia mengatakan, hingga saat ini ormas sayap partai di KBB masih aktif dan mereka biasanya mengembangkan program partainya sehingga bisa menjadi salah satu strategi dalam lebih mendekatkan parpol dengan masyarakat. 

Baca juga: Buruh Bandung Barat Kecewa UMK 2023 Hanya Naik 7,16 Persen, Tapi Tak Bisa Berbuat Apa-apa

Di sisi lain, Pemda KBB sejauh ini belum bisa memberikan bantuan dana secara langsung pada organisasi sayap partai tersebut. Maka hal ini menjadi peran partai politik yang bisa memberdayakan organisasi sayapnya.

"Sementara pemda hanya mengalokasikan anggaran hibah untuk partai politik yang memiliki keterwakilan kursi di DPRD," kata Soeryaman.

Untuk itu pihaknya menyarankan setiap partai politik yang ada di KBB untuk memberdayakan organisasi sayapnya.

Soeryaman mengatakan, terkait hal tersebut telah disampaikan berkali-kali di hadapan sejumlah tokoh partai politik di KBB, terlebih menjelang konstalasi politik pada tahun 2024.

"Sebagai infrastruktur politik, Pemda KBB sudah memberikan bantuan keuangan hibah ke parpol, per orang yang memiliki hak suara Rp 3.000," ucapnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved