Pemkot Bandung Kembali Raih Capaian Badan Publik Kategori Pemkot Informatif Smart City

Pemkot Bandung Kembali Raih Capaian Badan Publik Kategori Pemkot Informatif Smart City

Muhamad Nandri Prilatama
Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana saat mewakili kota Bnadung yang meraih anugerah sebagai badan publik kategori pemkab/pemkot informatif dalam e-monev keterbukaan informasi publik pada badan publik 2022. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung raih anugerah sebagai badan publik kategori pemkab/pemkot informatif dalam e-monev keterbukaan informasi publik pada badan publik 2022. Penghargaan ini secara langsung diberikan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Rhuzanul Ulum di Gedung Sate, Kamis (8/12/2022).

Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana menyambut positif capaian Pemkot Bandung ini.

Menurutnya, kunci keberhasilan Pemkot Bandung adalah kolaborasi.

“Membangun kota yang cerdas atau smart city tidak bisa dilakukan pemerintah secara sendiri. Kolaborasi ini merupakan satu keniscayaan,” ujarnya.

Selain itu, Yayan menyebut masyarakat hari ini sudah jauh lebih cerdas dalam memilah informasi.

Pemerintah pun perlu menghadirkan informasi seterbuka mungkin.

“Pasti, keterbukaan adalah satu keniscayaan. Meski kami sudah tahu masyarakat Kota Bandung sudah sangat cerdas dalam memilih informasi,” katanya.

Kepala Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat, Ijang Faisal menyebut ajang ini merupakan apresiasi bagi badan publik di Provinsi Jawa Barat yang menerapkan keterbukaan informasi.

Hal itu terbukti, lanjutnya membuktikan komitmen badan publik dalam pelaksanaan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.

“Negara harus hadir dengan semangat Keterbukaan Informasi Publik. Ke depan, hal ini bukan menjadi kewajiban badan publik saja, tetapi akan menjadi budaya,” ujarnya.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruhzanul Ulum mengatakan bahwa keterbukaan informasi publik itu harus dilakukan oleh badan publik.

“Dunia hari ini terbuka dalam segala-galanya. Sudah tidak layak lembaga pelayan publik tidak terbuka dalam segala hal. Dengan keterbukaan, akan terlihat kinerja dan manfaat (lembaga) untuk masyarakat,” ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved