Gempa Bumi di Cianjur

Kabar Baik, Frekuensi dan Kekuatan Gempa Bumi Susulan di Cianjur Kian Menurun dan Melemah

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) menyebutkan frekuensi dan kekuatan gempa susulan di Cianjur semakin menurun serta melemah. 

Penulis: Fauzi Noviandi | Editor: Giri
Tribun Jabar/Fauzi Noviandi
Konfrensi pers penanganan gempa bumi di Pendopo Cianjur, Rabu (7/12/2022).  

Laporan Kontributor Kabupaten Cianjur, Fauzi Noviandi 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) menyebutkan frekuensi dan kekuatan gempa susulan di Cianjur semakin menurun serta melemah. 

Kepala Stasiun BMKG Bandung, Teguh Rahayu, mengatakan, berdasarkan pemantauan, gempa susulan yang terjadi hingga saat ini sudah mulai menurun. 

"Hari ini saja terjadi sekali gempa susulan dan tidak dirasakan, dengan magnitudo 2,1," ucap Teguh kepada wartawan, Rabu (7/12/2022). 

Dia mengatakan tercatat telah terjadi 396 kali gempa susulan di Cianjur setelah gempa berkekuatan magnitudo 5,6 pada Senin (21/11/2022).

Baca juga: BTT Rp 20 Miliar dari Pemprov Jabar Belum Tersalurkan ke Korban Gempa, Pemkab Cianjur Masih Hitung

"Semoga saja ke depan, gempa susulan ini terus menurun. Namun, akan terus kita lakukan pemantauan di titiknya," kata dia. 

Selain itu, dia mengatakan, prakiraan cuaca untuk satu pekan ke depan akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang disertai awan gelap dan petir. 

Baca juga: Warga Terdampak Gempa Cianjur Bingung Cara Dapat Bantuan Sewa Hunian Rp 500 Ribu, Aparat Tak Tahu

"Karena itu setiap warga yang berada di pengungsian untuk waspada dan melihat kondisi cuaca di lingkunganya masing-masing," kata dia. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved