Nama M Budiana Disebut Cocok Jadi Ketua KONI Jabar Berikutnya, Dinilai Punya Kredibilitas Tinggi

Mendekati pemilihan, berbagai nama yang disebut-sebut cocok memimpin KONI Jabar ke depan mulai terungkap ke publik, salah satunya yaitu M Budiana.

Penulis: Cipta Permana | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/Cipta Permana
Ketua Harian KONI Jabar, M Budiana, saat mendeklarasikan diri akan maju sebagai calon Ketua KONI Jabar periode 2022-2026 di sarana olahraga Pajajaran, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Jumat (2/9/2022). 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemilihan Ketua KONI Jawa Barat (Jabar) periode 2022 - 2026 akan dilaksanakan 22 Desember 2022 mendatang.

Mendekati pemilihan, berbagai nama yang disebut-sebut cocok memimpin KONI Jabar ke depan mulai terungkap ke publik, salah satunya yaitu M Budiana.

Sosok yang menjabat sebagai Ketua Harian KONI Jabar ini, dinilai sejumlah penggiat olahraga Jabar, merupakan tokoh olahraga yang pantas dan mampu membawa KONI lebih maju.

Baca juga: Sejumlah Pihak Dukung Daud Achmad Memimpin Koni Jabar karena Punya Kemampuan dan Pengalaman

Terlebih, dengan pengalaman yang dimiliki M Budiana yang aktif dalam pembinaan olahraga prestasi di Jabar sejak tahun 2000an, menjadi bekal yang cukup memimpin KONI Jabar lima tahun kedepan.

Karateka yang juga Wakil Ketua II Bidang Pembinaan dan Prestasi FORKI Jabar, Arif Hardiana mengaku, sangat mengenal sosok M Budiana yang saat ini juga mengemban amanah sebagai Pengprov Esi Jabar.

Selama bekerjasama dan berkolaborasi melakukan pembinaan cabang olahraga karate di Kabupaten Bandung menurutnya, M Budiana merupakan sosok yang rendah hati, namun tegas dan memiliki kredibilitas tinggi.

"Kapasitas beliau dalam berorganisasi, termasuk di bidang olahraga, sudah terbukti. Sebagai bukti keberhasilannya, Kabupaten Bandung mampu menjadi juara umum di cabang olahraga karate pada Porda tahun 2006," ujarnya, di Bandung, Senin (5/12/2022)

Kelebihan lain dari sosok seorang M Budiana, lanjut Arif, yakni latar belakangnya sebagai seorang akademisi.

M Budiana yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpas, diyakini mampu menciptakan inovasi maupun kolaborasi secara ilmiah keilmuan.

"Saat ini, pembinaan dalam olahraga prestasi membutuhkan sentuhan keilmuan atau sport science, tidak hanya cukup dengan program latihan saja. Maka, Beliau figur tepat memimpin KONI Jabar melanjutkan kepemimpinan Ahmad Saefudin. Terlebih, Jabar bertekad mencetak hattrick juara umum pada PON XXI tahun 2024 mendatang," ucapnya.

Pegiat olahraga lainnya, yang juga pengurus PBVSI Jabar, Agus Djumaedi menilai, M Budiana, figur yang memiliki integritas tinggi, serta mampu melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Ahmad Saefudin di KONI Jabar.

Sehingga, keberlanjutan kepemimpinan KONI Jabar dari Ahmad Saefudin kepada M Budiana, akan memberikan banyak keuntungan. Pasalnya, target Jabar untuk mencetak juara umum PON di Sumut dan Aceh tahun 2024, bukan tugas mudah.

Baca juga: Konvensi Calon Ketua Umum KONI Jabar, Deni K Irawan Siap Wujudkan Hattrick Juara Umum PON

Terlebih, dengan hilangnya 30 persen potensi medali emas dari atlet-atlet Jabar yang telah memasuki usia pensiun.

"Kebijakan dan landasan pembinaan yang sudah diprogramkan akan sulit berjalan jika kepemimpinan KONI Jabar ini dipegang orang-orang yang baru," ujarnya.

Sementara itu, mantan atlet tinju Jabar, Dadan Amanda juga berharap, Ketua Umum KONI Jabar kedepan, bisa melanjutkan, bahkan melebihi prestasi yang sudah diraih sebelumnya yakni, mewujudkan "hattrick" juara umum, di PON XXI mendatang.

"Intinya, bisa membawa pembinaan olahraga prestasi di Jabar ini lebih baik dan lebih baik, dan terpenting adalah mampu mempertahankan gelar juara umum PON," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved