Kapabilitas Terbukti, Erick Thohir Dinilai Lebih Unggul dari Ridwan Kamil

Nama Menteri BUMN Erick Thohir muncul pada barisan teratas survei bersaing dengan aktor politik lama yang lebih dulu turun pada Pilpres 2024

Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir 

TRIBUNJABAR.ID,- Sejumlah nama mencuat muncul pada bursa calon wakil presiden (cawapres) menuju pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Nama Menteri BUMN Erick Thohir muncul pada barisan teratas survei bersaing dengan aktor politik lama yang lebih dulu turun pada Pilpres 2024.

Pengamat Politik Usep S. Achyar menilai dari nama yang muncul, Erick Thohir paling potensial untuk maju sebagai cawapres. Latar belakang, kiprah dan rekam jejak Erick Thohir disebut sudah terbukti baik di daerah maupun nasional.

Erick Thohir bahkan secara dukungan akar rumput lebih memiliki massa yang beragam. Dari latar belakang dan bekal yang dimiliki, Erick Thohir dinilai lebih unggul ketimbang Ridwan Kamil baik secara politik, modal sosial dan kapital untuk Pilpres 2024.

"Jika di head to head kan sebagai wapres, Pak Erick Thohir lebih unggul ketimbang Ridwan Kamil dengan berbagai latar belakang dan bekal yang dimiliki," tutur Achyar.

Ia kemudian memaparkan Erick Thohir memiliki bekal sebagai pemimpin yang dekat dengan berbagai elite partai dan berbagai king maker politik. Kemudian dari kemampuan teknokratis, Erick Thohir memiliki pengelaman memimpin dengan ruang lingkup kerja nasional bahkan internasional sebagai menteri.

Sebagai menteri andalan, Erick Thohir berhasil melakukan transformasi BUMN sehingga bisa memberikan kontribusi besar kepada negara. Kemudian, Achyar mengatakan dalam konteks berpasangan seorang wapres harus bisa melengkapi dari presiden, pengalaman membantu Presiden Jokowi dan pengalaman di kancah internasional juga menjadi variabel pembeda Erick Thohir dengan kandidat lainnya.

Direktur Riset Populi Center ini juga melihat masyarakat cenderung memilih pemimpin yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan perekonomian seperti Erick Thohir. Selain itu, jika berpasangan dengan Eks Presiden Inter Milan tersebut, capres tidak hanya mendapatkan limpahan suara dari para pendukung Presiden Jokowi namun juga masyarakat Indonesia pada umumnya.

Kemudian secara elektabilitas, Erick Thohir adalah figur yang berasal dari luar pulau Jawa. Jadi bisa melengkapi dari kandidat capres yang rata-rata berasal dari pulau Jawa. Sementara Ridwan Kamil hanya terpusat di Jawa Barat dan potensi wilayah tersebut terpecah menjadi palagan suara bagi Anies Baswedan maupun Prabowo.

"Berpasangan dengan Erick Thohir tidak hanya akan menebalkan elektabilitas tapi juga ada potensi untuk terus meningkat," ujar Achyar.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved