Gempa Bumi di Cianjur

Jangan Ditiru! Lokasi Bencana Jalan Raya Cipanas-Cianjur Ramai Dikunjungi Wisatawan untuk Berfoto

Bukannya datang untuk memberikan bantuan sejumlah wisatawan tersebut berfoto di lokasi bencana gempa Cianjur dan longsor di Jalan Raya Cipanas-Cianjur

Editor: Hilda Rubiah
Warta Kota
Suasana di Jalan Raya Cipanas-Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Selasa (29/11/2022) pasca bencana longsor akibat gempa Cianjur (21/11/2022) 

TRIBUNJABAR.ID - Sudah dua pekan lebih pasca gempa bumi terjadi di Cianjur pada (21/11/2022) lalu, masih menyisakan cerita.

Namun, kali ini cerita tersebut bukan datang dari para korban gempa Cianjur, melainkan datang warga wisatawan yang mengunjungi lokasi bencana longsor akibat gempa Cianjur.

Bukannya datang untuk memberikan bantuan sejumlah wisatawan tersebut berfoto di lokasi bencana di Jalan Raya Cipanas-Cianjur.

Alhasil, kini lokasi bencana gempa Cianjur tersebut ramai dikunjungi menjadi 'wisata bencana' tersebut.

Baca juga: 5 Wisata Gratis di Bandung, Tanpa Perlu Merogoh Kocek, Bisa Dikunjungi Untuk Refreshing

Diketahui Jalan Raya Cipanas-Cianjur sudah terbuka untuk umum pasca longsoran besar yang terjadi akibat gempa berkekuatan magnitudo 5,6 yang terpusat di 10 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022) lalu.

Namun meski sudah terbuka untuk umum banyak pengendara baik roda dua maupun roda 4 yang melintas penasaran dengan longsoran tersebut, Selasa (29/11/2022). 

Tak ayal mereka pun turun dari kendaraan mereka untuk melakukan foto dan berselfie, padahal di lokasi tersebut sudah terbentang garis kepolisian. 

Kasie Ops dan Siaga Basarnas Jawa Barat, Supriono menuturkan, masyarakat dari luar daerah yang melintas di Jalan Raya Cipanas - Cianjur tak terdampak gempa, datang dan menjadikan lokasi tersebut sebagai "wisata bencana", ungkapnya. 

"Dengan adanya pengunjung 'wisata bencana', otomatis menghambat pelaksanaan operasi SAR, pencarian. Jadi mohon dengan sangat," sambungnya.

Kesaksian sekuriti restoran Warung Sate Shinta yang lolos dari maut, lihat kengerian longsor Cianjur timbun banyak orang
Kesaksian sekuriti restoran Warung Sate Shinta yang lolos dari maut, lihat kengerian longsor Cianjur timbun banyak orang (Kolase Tribunnews.com/Google)

Baca juga: Korban Gempa Cianjur Pasang Pengumuman "Ini Bukan Wisata Bencana", Banyak yang Datang untuk Selfie

Pantauan wartawan wartakotalive.com saat ini petugas SAR gabungan masih terus berupaya mencari korban yang tertimbun tanah longsor

Sementara itu, para pengendara yang melakukan selfie di lokasi kejadian langsung diminta untuk menjauh dari lokasi dan tidak melakukan hal tersebut. 

Sebab menghambat proses pencarian dan tentunya membahayakan diri sendiri. 

Artikel ini telah tayang di Tribundepok.com dengan judul Tak Boleh Ditiru, Jalan Raya Cipanas-Cianjur Ramai Wisatawan Bencana yang Selfie di Lokasi Bencana

Sumber: Tribun depok
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved