Figur Pilihan, PAN Semakin Kuat Usung Erick Thohir Cawapres 2024

PAN menjadi partai yang paling dekat untuk dapat mengusung Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024

istimewa
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan bersama dengan Menteri BUMN Erick Thohir 

TRIBUNJABAR.ID,- Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi partai yang paling dekat untuk dapat mengusung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Kedekatan Erick Thohir dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menguatkan sinyal tersebut

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Seoparno tidak menampik adanya kedekatan yang terjalin antara Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan dengan Erick Thohir. Terlebih keduanya merupakan seorang menteri dalam kabinet pemerintahan saat ini.

“Saya kira karena intensitas kedekatannya, intensitas pertemuannya tinggi sekali,” ucap Eddy.

Hal tersebut, menurut dia, semakin menjadikan Erick Thohir sangat dikenal oleh para kader PAN di berbagai wilayah. Kondisi tersebut tentu turut menguatkan hadirnya sebuah dukungan terhadap Erick Thohir agar dapat maju pada Pilpres 2024.

Dukungan terhadap Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu, tambah dia, selaras dengan keinginan dari kalangan elite partai berlambang matahari terbit itu. Nama Erick Thohir menjadi yang terdepan dibanding figur-figur lainnya.

“Sangat wajar kalau Pak Erick itu nama yang sangat diingat oleh Pak Zul (Zulkifli Hasan) dan mungkin juga diingat oleh pengurus-pengurus PAN,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Studi Politik dan Demokrasi Universitas Padjadjaran (Unpad) Ari Ganjar Herdiansyah mengatakan, Erick Thohir menjadi figur cawapres potensial untuk diusung oleh PAN. Sehingga kursi kosong cawapres dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dapat segera terisi.

"Di KIB, saya kira Pak Erick Thohir itu punya peluang, karena beliau tokoh dari non parpol yang selama bisa meyakinkan atau mendapatkan tiket dari masing-masing (parpol)," ujar Ari.

Dia menilai kedekatan yang sudah terbangun baik antara Erick Thohir dengan Zulhas cukup membawa dampak secara elektoral. Kemungkinan Erick Thohir diusung PAN semakin menguat.

Lebih dari itu, dia mengungkapkan, Erick Thohir menjadi figur yang namanya konsisten mencuat dalam internal PAN. Kondisi tersebut, menjadikan sebuah keunggulan yang tidak dimiliki figur cawapres lainnya seperti Ridwan Kamil.

"Positioning Erick Thohir lebih kuat dalam cawapres ketimbang dengan Ridwan Kamil," pungkas Ari.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved