Anies Baswedan Safari Politik Naik Jet Pribadi, Pengamat Politik Nilai dalam 2 Perspektif

Video Anies Baswedan menggunakan private jet (jet pribadi) saat ke Sumatera Barat (Sumbar) memang viral di media sosial Twitter.

Editor: Ravianto
ist
Anies Baswedan tampak menggunakan private jet (jet pribadi) saat ke Sumatera Barat (Sumbar). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Anies Baswedan yang dideklarasikan jadi calon presiden 2024 atau capres 2024 oleh Partai NasDem diketahui melakukan safari politik sejak jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta habis.

Video Anies Baswedan menggunakan private jet (jet pribadi) saat ke Sumatera Barat (Sumbar) memang viral di media sosial Twitter.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali membenarkan Anies Baswedan safari politik menggunakan jet pribadi.

Dia menjelaskan, sebelum ke Sumbar, Anies Baswedan sempat melakukan safari politik di Aceh.

"Tidak ada flight langsung (dari Sumbar) jadi kita harus kembali ke Jakarta, Jakarta ke Padang," kata Ali saat dihubungi, Senin (5/12/2022).

Karenanya, Ali menuturkan Partai NasDem terpaksa memfasilitasi Anies untuk menggunakan jet pribadi.

Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti.
Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti. (KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN)

"Kondisi itu tentunya membuat situasi perjalanan sampai pada titik berikutnya itu tidak bisa jadi on time kemudian partai memfasilitasi untuk mencarter (nyewa) pesawat ke Padang," ujarnya.

Pengamat politik sekaligus pendiri Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti menilai safari politik ke daerah Anies Baswedan menggunakan jet pribadi dapat dilihat dalam dua persepektif.

Dikatakan Ray Rangkuti persepektif pertama penggunaan jet pribadi tersebut layak diperbincangkan.

Baca juga: Ridwan Kamil Peringkat 1 Bursa Cawapres Menurut Pemilih Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo

Hal itu dikarenakan penggunaan jet tidaklah murah biayanya.

"Tentu saja, penggunaan jet ini tidaklah murah biayanya. Apalagi dirangkai dengan berbagai kegiatan sebelum atau bahkan sesudahnya," kata Ray Rangkuti dalam keterangannya kepada Tribunnews.com, Selasa (6/12/2022).

Kemudian menurut Ray Rangkuti, safari politik atau apapun istilah yang dipakai, jelas menghajatkan dana dalam bilangan yang tidak murah.

"Maka, pertanyaan umumnya adalah dari mana dana, berapa besar dana yang tersedia, siapakah yang berpartisipasi, dan sebagainya," sambungnya.

Pertanyaan tersebut menurut Ray Rangkuti muncul bukan saja logis, tapi harus diungkapkan.

Itu jika kita berkomitmen untuk memastikan pemilu yang bebas dari penggunaan dana yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Transparansi pemakaian dana untuk aktivitas entah itu safari politik atau kampanye mutlak harus dilakukan," sambungnya.

Perspektif kedua menurut Ray Rangkuti juga safari politik Nasdem dan Anies Baswedan dengan menggunakan pesawat jet pribadi merupakan hak setiap partai dan calon untuk melakukan segala upaya meraih dukungan dan simpati.

"Termasuk di dalamnya menggunakan segala dana, tenaga dan upaya. Semuanya dapat dilakukan selama tidak bertentangan dengan aturan, sekaligus prinsip pengelolaan dana politik yang transparan," tutupnya.(Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W. Nugraha)

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved